Software Microsoft Menganalisa "Brand" Lewat Medsos

Kompas.com - 19/09/2015, 15:57 WIB
Ilustrasi sosial media ftadviser.comIlustrasi sosial media
|
EditorOik Yusuf
SINGAPURA, KOMPAS.com - Salah satu tambahan yang diberikan microsoft dalam software aplikasi bisnis Dynamics CRM (Corporate Relationship Management) adalah Social Engagement.

Fitur ini memungkinkan perusahaan pengguna tools Social Engagement menganalisa brand mereka dengan cara "mendengarkan" pelanggan lewat jejaring sosial.

"Bisnis saat ini harus menyesuaikan dengan konsumen yang baru, karena konsumen kini punya banyak platform, salah satunya adalah jejaring sosial," terang Haresh Khnoobchandani, General Manager Microsoft Dynamics, Microsoft APAC.

Social Engagment dijelaskan oleh Haresh, bisa menerjemahkan apa yang sedang menjadi perbincangan di jejaring sosial menjadi aksi, memberikan petunjuk bagi perusahaan akan apa yang mesti mereka lakukan.

Sementara itu, Shania Chia selaku Solutions Lead, Microsoft Dynamics, Microsoft APAC dalam demonstrasinya di hadapan jurnalis yang diundang ke Singapura, termasuk kompasTekno,  mempergakan bagaimana sistem bisa mengerti sentimen analisis di jejaring sosial.

"Sentimen negatif bisa dimasukkan ke dalam Dynamics CRM dan perusahaan bisa memberikan respon," jelas Shania, Jumat (18/9/2015).

"Pengguna juga bisa merespon untuk memerintahkan seseorang untuk menindaklanjuti, atau melabelinya untuk mengambil tindakan di kemudian hari," tambahnya.

Selain memberikan gambaran tentang apa yang sedang menjadi perbincangan di jejaring sosial, tools ini juga diklaim microsoft bisa membantu seller dalam mencari insight tentang pasar.

Social Engagement pada dasarnya adalah tools bernama Social Listening yang di-rebrand oleh microsoft pada April lalu.

Produk ini diperbarui dengan antarmuka yang diubah dan kemampuan filtering tambahan, serta dashboard yang lebih sederhana dan mudah dibaca.

Lewat tools Social Engagement, perusahaan bisa mencari topik tertentu dengan keyword dan memunculkan keyword tersebut yang terdapat di jejaring sosial seperti Facebook Page atau Twitter.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.