Kompas.com - 20/09/2015, 15:47 WIB
Aplikasi Move to iOS memudahkan pengguna Android beralih ke iOS CnetAplikasi Move to iOS memudahkan pengguna Android beralih ke iOS
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf


KOMPAS.com - Menjelang akhir minggu ini, Apple melepas “Move to iOS” ke toko Google Play Store. Aplikasi Android pertama dari Apple itu merupakan software untuk membantu para penggunanya memindahkan daftar kontak, foto, dan data lain dari perangkat Android ke gadget berbasis iOS.

Para pengguna Android rupanya “tersinggung” dengan keberadaan Move to iOS karena memandang aplikasi tersebut seolah mengajak para pemakai platform mobile Google untuk beralih ke pelukan Apple.

Sebagaimana dirangkum dari The Verge, Sabtu (19/9/2015), mereka pun beramai-ramai mencerca Move to iOS lewat aneka review negatif mengenai aplikasi yang bersangkutan.

Pantauan KompasTekno, hingga saat berita ini ditulis, Move to iOS sudah menerima nilai satu bintang (nilai terburuk dalam skala satu hingga lima bintang) sebanyak lebih dari 23.000 buah sehingga reputasinya terpuruk dengan skor rata-rata hanya 1,7 bintang.

Google Play Store Aplikasi Move to iOS di Google PlayStore menerima review negatif dengan jumlah mencapai puluhan ribu

Banjir nilai buruk itu turut diiringi dengan serangkaian komentar bernada nyinyir.

“Anda (Apple) pikir orang-orang mau berpindah ke ekosistem terbatas yang bahkan tak membolehkan aplikasi dicoba sebelum dibeli? Google, kenapa Anda membolehkan mereka memasang aplikasi ini?” tulis salah seorang pemberi nilai “1 bintang”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya mencoba pindah ke iOS dan iPhone 3G milik saya tak mau menerima data. Selain itu, micro-USB saya tak bisa terpasang,” kata pengguna Android lain yang sama-sama mengejek Apple.

Di antara banyaknya komentar miring, ada juga yang menyuarakan kritik terhadap aplikasi Move to iOS, terutama dari segi desain yang dinilai tak sesuai dengan konsep Material Design. Padahal Google mensyaratkan semua aplikasi Android agar mengikuti pakem ini.

“Setidaknya cobalah menghormati spesifikasi desain di OS lain,” tulis seorang pengguna. “Google selalu melakukan itu ketika membuat aplikasi untuk iOS. Anda memalukan!”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.