Kompas.com - 22/09/2015, 15:00 WIB
CEO XL Dian Siswarini dalam acara peluncuran 4G LTE XL untuk Surabaya dan Denpasar, Jakarta, Selasa (22/9/2015) Yoga Hastyadi/KOMPAS.comCEO XL Dian Siswarini dalam acara peluncuran 4G LTE XL untuk Surabaya dan Denpasar, Jakarta, Selasa (22/9/2015)
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata, Tbk resmi menggelar layanan 4G LTE menggunakan frekuensi 1.800 MHz di Surabaya dan Denpasar. Pelanggan di daerah tersebut bisa langsung menikmati internet cepat itu dengan menggunakan kartu SIM khusus untuk 4G LTE.

"Selamat buat teman-teman kini bisa merasakan 4G LTE di Surabaya dan Denpasar," ujar Chief Executive Officer XL Dian Siswarini dalam peluncuran 4G LTE XL untuk Surabaya dan Denpasar, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

"Pertimbangan kami meluncurkan di Surabaya dan Denpasar karena rearrangement (penataan frekuensi 1.800 MHz) di Surabaya dan Denpasar sudah selesai. Kedua kota itu juga penting karena merupakan kota bisnis dan di Denpasar pun banyak turis yang datang," imbuhnya.

Sebagai upaya mendorong ekosistem 4G LTE, baik di Surabaya, Denpasar dan kota lainnya, XL menggratiskan penukaran kartu uSIM yang berguna untuk mengakses jaringan tersebut. Kartu SIM lama memang tidak bisa dipakai mengaksesnya karena keterbatasan kapasitas.

Selain itu, pekan lalu mereka meluncurkan paket Tabungan Kuota 4G LTE untuk pelanggan yang mengaktifkan paket HotRod tertentu. Tabungan kuota itu bisa dapat diakumulasi dan dipakai saat 4G LTE di lokasi pelanggan sudah mulai aktif.

Kemudian mereka juga menggelar kompetisi Xtreme Video 360 sebagai cara mengedukasi pelanggannya tentang kegunaan akses internet cepat. Kompetisi tersebut bisa diikuti siapapun, bahkan pengguna dipersilahkan menawarkan konsep mereka untuk mendapatkan pinjaman kamera pembuat video 360 derajat.

"Kami baru saja selesai menata frekuensi 1.800 MHz di Surabaya dan Denpasar malam tadi. Penataan ini bersama dengan operator lain, jadi operator-operator lain di sana juga sama-sama selesai," terang Vice President LTE XL Axiata Pantro Pander Silitonga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami tidak menjanjikan 4G LTE ada di semua kota di Indonesia. Tapi kami janji, di lokasi yang mendapatkan coverage, kami akan memberikan extreme speed xtreme video. Dan ini sudah bisa dinikmati 80 persen wilayah Surabaya dan 80 persen wilayah Denpasar," pungkasnya.

Penataan frekuensi 1800 MHz untuk 4G LTE sendiri dijadwalkan selesai seluruhnya pada November mendatang. Namun pemerintah sebelumnya sudah membolehkan operator untuk langgsung menggelar komersialisasi di wilayah yang lebih dulu selesai di tata.

Selain Surabaya dan Denpasar, XL sudah mengomersilkan layanan 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu 4G LTE di Yogyakarta dan Medan masih menggunakan frekuensi 900 MHz.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.