Bekraf Targetkan Rp 1 Triliun untuk Startup

Kompas.com - 23/09/2015, 10:32 WIB
Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di acara Popcon Asia 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2015). KOMPAS.com/RESKA K NISTANTOTriawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, di acara Popcon Asia 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2015).
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menargetkan dana Rp 1 triliun untuk modal usaha startup. Dana tersebut berbentuk pinjaman usaha tanpa agunan aset.

"Itu saja (Rp 1 triliun) masih kurang. Kami tentu mau sebanyak-banyaknya untuk menumbuhkan ekosistem," kata dia usai mengisi salah satu rangkaian acara Facebook Marketing Boot Camp, Selasa (22/9/2015) di Gedung Smesco, Jakarta.

Dana yang dimaksud tak berasal dari anggaran Bekraf, melainkan dari institusi keuangan atau bank. Bekraf, kata Triawan, hanya bertindak sebagai "agen" yang mempermudah hubungan antara startup dan pemberi modal.

Bagi yang punya ide mengembangkan aplikasi, game, atau usaha kreatif lainnya, cukup menukarkan idenya itu dengan modal yang akan diberikan. "Hak cipta tentu tetap milik pencetusnya. Ditukarkan maksudnya untuk meyakinkan kami bahwa dana yang diberikan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ia menjelaskan.

Mekanisme pengajuan ide hingga pencairan dana pun akan dibuat sesederhana mungkin. Triawan mengindikasikan, nantinya dibuat situs atau aplikasi sebagai wadah pengajuan ide.

Jadi, pencetus ide tak perlu repot-repot keluar rumah untuk melewati rentetan prosedur administratif lapangan. Ide-ide yang terkumpul akan diseleksi terlebih dahulu sebelum dinyatakan layak untuk mendapat pinjaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejauh ini, Triawan telah berbincang dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait regulasi untuk mewujudkan inisiasinya. Pemberi modal, dalam hal ini bank swasta maupun negeri, mulai didekati.

Ancang-ancangnya, implementasi program-program Bekraf akan mulai terlihat tahun depan. "Sekarang, selama mempersiapkan segalanya, kita akan banyak bikin workshop dan FGD yang melibatkan insan kreatif," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X