Dukung Startup Indonesia, Baidu Siapkan Rp 14 Miliar

Kompas.com - 23/09/2015, 11:25 WIB
|
EditorDeliusno
JAKARTA, KOMPAS.com - Baidu meluncurkan Program Pengembangan Ekonomi dan Ekosistem Berbasis Internet di Indonesia. Program ini diharapkan dapat membantu Pengembangan industri kreatif digital di Indonesia.

Adapun dua agenda kerja dalam program tersebut bertajuk "Grow Local" dan "Grow Global". Grow Local akan berfokus untuk mendukung startup dan pengembang aplikasi lokal. Adapun Grow Global berfokus untuk memboyong karya digital anak bangsa ke pasar global, khususnya Tiongkok.

Perusahaan mesin pencari tersebut telah menyediakan 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,4 miliar untuk mendukung programnya. Dana itu berbentuk investasi marketing, teknologi serta infrastruktur kerja bagi startup di tiga kota. Yakni di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

"Beberapa kendala pengembangan industri digital yang dihadapi startup adalah akses pendanaan, infrastruktur, keterbatasan teknologi dan riset pasar. Kami ingin mengurangi hambatan-hambatan tersebut," kata Direktur Baidu Indonesia Bao Jianlei pada acara peluncuran program, Rabu (23/9/2015) di Hotel Pullman, Jakarta.

Untuk mewujudkan program tersebut, Baidu bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Menkominfo Rudiantara dan Kepala Bekraf Triawan Munaf mendukung penuh gerakan Baidu untuk membantu perekonomian nasional. "Kami dari pemerintah mendukung segala bentuk program yang bisa meningkatkan pertumbuhan industri kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Triawan.

Pada tahun pertama pelaksanaan program, Baidu mengharapkan dapat menyaring 15 startup lokal untuk mendapat dukungan penuh dalam hal pengembangan produk. Adapun untuk tahap global, Baidu menargetkan 75 aplikasi lokal untuk memasuki pasar global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.