Pemerintah Lirik Frekuensi Emas 4G untuk Penanganan Bencana

Kompas.com - 23/09/2015, 16:40 WIB
ilustrasi menara BTS freepikilustrasi menara BTS
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) RI akan memanfaatkan frekuensi 700 MHz untuk disaster management (manajemen bencana).

Frekuensi 700 MHz yang dianggap sebagai frekuensi emas oleh para operator untuk menggelar layanan 4G LTE akan digunakan untuk konektivitas teknologi penanggulangan bencana di Indonesia.

Frekuensi dianggap cocok digunakan untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena  memiliki coverage band yang sangat luas.

Untuk strategi penanganan bencananya, Menkominfo telah meneken kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, pekan lalu.

Hal tersebut disampaikan usai Rudiantara mengisi acara peluncuran program "Grow Local" dan "Go Global" Baidu, Rabu (23/9/2015) di Hotel Pullman, Jakarta.

"Indonesia kan tiap tahun ada saja bencananya. Jepang bahkan lebih sering lagi. Makanya kita perlu belajar strateginya," kata menteri yang kerap disapa RA.

Namun, sebelum mewujudkan program penanggulangan bencana, frekuensi 700 MHz yang kini masih digunakan untuk TV analog harus dimigrasi ke digital terlebih dahulu. Hal ini untuk memperoleh digital dividend yang bisa dialokasikan ke berbagai teknologi terapan guna menumbuhkan perekonomian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, pemerintah tengah mempersiapkan program digitalisasi televisi, yang nantinya akan menghapus televisi analog. Program ini ditargetkan kelar paling cepat pada akhir 2017.

Dari program digitalisasi televisi itu diharapkan frekuensi 700 MHz akan memiliki digital dividend sebesar 112 MHz. Rentang pita sebesar 112 MHz di frekuensi 700 MHz itulah, yang akan digunakan untuk kebutuhan konektivitas broadband.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.