Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Meizu Depak Snapdragon, Beralih ke Prosesor Galaxy S6

Kompas.com - 25/09/2015, 10:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Smartphone andalan baru Meizu, Pro 5, sebelumnya dirumorkan bakal memakai chip Snapdragon 810 dari Qualcomm atau Exynos 7420 buatan Samsung.

Akhirnya, dalam acara peluncuran di Beijing, China, hari Rabu (23/9/2015), diumumkan bahwa Pro 5 memakai chip Exynos. CEO Meizu Bai Yongxian mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki alasan tersendiri dalam memilih chip Samsung tersebut.

"Kebanyakan ponsel flagship sekarang memakai Snapdragon 810, tapi chip ini mengecewakan karena konsumsi dayanya yang tinggi," ujar Yongxian saat berbicara di panggung acara.

Sebaliknya, lanjut dia, chip Exynos buatan Samsung menggunakan daya dengan lebih efisien karena dibuat dengan teknologi fabrikasi FinFET 14nm. Konsumsi listriknya pun diklaim lebih rendah 35 persen.

Dari sektor kinerja, ia mengatakan bahwa kinerja CPU Exynos 7420 lebih tinggi 20 persen dibandingkan Snapdragon 810."GPU Mali T760 pada Exynos juga lebih kencang 10 persen dari total Adreno 430 di Snapdragon rivalnya."

Secara terpisah, General Manager Meizu Ramon Kwok menjelaskan bahwa pihaknya memang memiliki hubungan mesra dengan Samsung selaku pemasok komponen smartphone.

Dia mencontohkan smartphone model sebelumnya, Meizu MX4 Pro, yang juga menggunakan chip Exynos tipe 5430. "Untuk chip memori pun, kami menggunakan bikinan Samsung," kata Kwok.

Pada Pro 5, "chip memori" yang dimaksud mencakup RAM DDR4 sebesar 4 GB serta media penyimpanan internal UFS 2.0 berkapasitas 32 GB/ 64 GB. Prosesor dan dua jenis memori Meizu Pro 5 ini sama dengan yang terdapat pada keluarga ponsel andalan Samsung, Galaxy S6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com