Alasan Meizu Depak Snapdragon, Beralih ke Prosesor Galaxy S6

Kompas.com - 25/09/2015, 10:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
BEIJING, KOMPAS.com - Smartphone andalan baru Meizu, Pro 5, sebelumnya dirumorkan bakal memakai chip Snapdragon 810 dari Qualcomm atau Exynos 7420 buatan Samsung.

Akhirnya, dalam acara peluncuran di Beijing, China, hari Rabu (23/9/2015), diumumkan bahwa Pro 5 memakai chip Exynos. CEO Meizu Bai Yongxian mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki alasan tersendiri dalam memilih chip Samsung tersebut.

"Kebanyakan ponsel flagship sekarang memakai Snapdragon 810, tapi chip ini mengecewakan karena konsumsi dayanya yang tinggi," ujar Yongxian saat berbicara di panggung acara.

Sebaliknya, lanjut dia, chip Exynos buatan Samsung menggunakan daya dengan lebih efisien karena dibuat dengan teknologi fabrikasi FinFET 14nm. Konsumsi listriknya pun diklaim lebih rendah 35 persen.

Dari sektor kinerja, ia mengatakan bahwa kinerja CPU Exynos 7420 lebih tinggi 20 persen dibandingkan Snapdragon 810."GPU Mali T760 pada Exynos juga lebih kencang 10 persen dari total Adreno 430 di Snapdragon rivalnya."

Secara terpisah, General Manager Meizu Ramon Kwok menjelaskan bahwa pihaknya memang memiliki hubungan mesra dengan Samsung selaku pemasok komponen smartphone.

Dia mencontohkan smartphone model sebelumnya, Meizu MX4 Pro, yang juga menggunakan chip Exynos tipe 5430. "Untuk chip memori pun, kami menggunakan bikinan Samsung," kata Kwok.

Pada Pro 5, "chip memori" yang dimaksud mencakup RAM DDR4 sebesar 4 GB serta media penyimpanan internal UFS 2.0 berkapasitas 32 GB/ 64 GB. Prosesor dan dua jenis memori Meizu Pro 5 ini sama dengan yang terdapat pada keluarga ponsel andalan Samsung, Galaxy S6.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.