Kompas.com - 25/09/2015, 13:56 WIB
Laman pemberitahuan error di Facebook CBCLaman pemberitahuan error di Facebook
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Layanan Facebook sempat tidak dapat diakses (down) selama kurang lebih 10 menit pada Jumat (25/9/2015) dini hari tadi. Pengguna yang mencoba membuka situs tersebut cuma menemukan sebuah halaman berisi pesan error.

"Maaf, ada suatu kesalahan. Kami sedang memperbaikinya dan akan selesai secepat mungkin," begitu yang tertulis di halaman tersebut.

Dilansir KompasTekno dari CBC, Jumat (25/9/2015), peristiwa itu terjadi tepatnya pada pukul 12.30 siang waktu Eropa atau 00.30 dini hari waktu Indonesia Barat (WIB). Sekitar 10 menit setelahnya, Facebook sudah bisa diakses kembali.

Kendati demikan, pengguna yang mengakses pada pukul 12.45 merasakan kinerja situs menjadi lambat dan banyak fitur yang hilang. Masalah tersebut baru selesai seluruhnya pada pukul 13.22 siang waktu Eropa atau sekitar 1.22 dini hari WIB.

Seperti biasa, para pengguna akan beralih ke media sosial lain saat Facebook down. Salah satu yang menjadi ramai seketika adalah Twitter.

Layanan microblogging tersebut kebanjuran keluhan, sindiran hingga meme-meme kocak yang mengingatkan orang tentang kehidupan di luar dunia online.

"Tetaplah tabah. Lihat keluar. Lihatlah pada burung dan langit #facebookdown," kicau akun @PeterBiello.

"Ada beberapa orang yang menyodorkan foto anaknya pada orang-orang tak dikenal yang melintas dan berteriak, 'Beri Like. Beri Like.' #facebookdown," sindir akun @MartinBelam.

Hal serupa ini juga pernah terjadi Januari lalu, ketika Facebook down selama satu jam karena masalah konfigurasi sistem. Bahkan saat itu ada pengguna yang menghubungi polisi untuk melaporkan masalah tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.