Kompas.com - 25/09/2015, 14:26 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping sedang mengunjungi Amerika Serikat, Rabu (23/9/2015). Di sela-sela kunjungan kenegaraannya itu, orang nomor satu di China ini menyempatkan diri untuk menemui bos-bos besar perusahaan berbasis teknologi.

Pertemuan itu dilaksanakan di Microsoft Campus yang terletak di kota Seattle. Xi berjumpa dengan petinggi perusahaan TI tersebut dalam rangka acara US - China Internet Industry Forum.

Beberapa petinggi perusahaan TI yang terlihat di tempat acara, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Wall Street Journal, antara lain, Satya Nadella, CEO Microsoft; Brian Krzanich, CEO Intel; Tim Cook, CEO Apple; Jerry Yang, pendiri Yahoo; Mark Zuckerberg, CEO Facebook; hingga Jeff Bezos, CEO Amazon.

Dalam acara tersebut, Mark Zuckerberg bisa dikatakan paling spesial. Ia dikatakan berbincang beberapa saat dengan Xi menggunakan bahasa Mandarin.

"Sebagai catatan personal, ini merupakan pertama kalinya bagi saya berbicara dengan pemimpin dunia dalam bahasa asing. Saya menganggapnya sebagai perjalanan hidup yang berarti," ujar suami dari Priscilla Chan ini dalam laman resmi Facebook-nya.

Apa yang dibicarakan oleh Xi dengan para petinggi TI? Keduanya dikatakan banyak membicarakan mengenai peluang bisnis antara China dengan perusahaan teknologi tersebut.

Seperti diketahui, China saat ini merupakan salah satu pasar terbesar. Selain itu, Negeri Tirai Bambu tersebut juga merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia.

Agenda lainnya, Xi dikatakan ingin meminta dukungan dari perusahaan-perusahaan tersebut. China belakangan ini memang dikabarkan akan mendapatkan sanksi ekspor ke negara AS.

Presiden AS Barack Obama mengancam bakal memberlakukan hukuman tersebut karena banyak perusahaan China yang disinyalir melakukan serangan cyber dan melanggar intellectual property perusahaan AS.

Berdasarkan laporan dari Commission on the Theft of American Intellectual Property tahun ini, hak cipta senilai 300 miliar dollar AS milik perusahaan AS dicuri akibat kegiatan peretasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.