Bikin Laptop, Xiaomi Sudah Temukan Vendor Perakit

Kompas.com - 25/09/2015, 15:45 WIB
Bocoran foto laptop Xiaomi MI GizmochinaBocoran foto laptop Xiaomi MI
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Rumor tentang produsen smartphone China, Xiaomi yang akan membuat perangkat laptop kian santer. Kabar terbaru, Xiaomi telah menunjuk rekanan sebagai perakit laptopnya.

Seperti dikabarkan oleh Taipei Times, dan dikutip KompasTekno, Kamis (24/9/2015), Xiaomi dikabarkan telah berbicara dengan pabrik perakit Taiwan bernama Inventec untuk membuat laptop.

"Saya yakin dengan masa depan bisnis komputer laptop Xiaomi, mereka sudah memiliki 200 juta pengguna smartphne," ujar Richard Lee, Chairman Inventec.

Walau demeikian, Lee mengatakan pendekatan pasar Xiaomi untuk produk laptopnya akan berbeda dengan smartphone.

"Saya harap dengan masuknya Xiaomi ke pasar laptop akan membawa sesuatu yang baru bagi pasar," ujar Lee.

Pada Desember 2014 lalu, beredar render grafis laptop Xiaomi yang menyerupai MacBook Air besutan Apple. Kabar Xiaomi yang akan membuat laptop pun beredar santer.

Walau sempat dibantah oleh Xiaomi, namun Bloomberg pada awal bulan lalu melaporkan bahwa laptop Xiaomi benar ada dan akan dipasarkan pada awal tahun 2016 mendatang.

Bahkan Bloomberg melaporkan Xiaomi tengah mendekati Samsung untuk dijadikan sebagai pemasok chipset untuk laptopnya.

Belum bisa dikonfirmasi spesifikasi laptop Xiaomi yang akan dibuat, namun kabar sebelumnya menyebut Xiaomi menggunakan prosesor Intel Haswell i7-4500u dan RAM 16 GB sebagai dapur pacunya. Layarnya berukuran 15 inci dengan resolusi Full HD 1080p.

Soal sistem operasi, rumor tahun lalu mengatakan Xiaomi tidak memilih OS Windows sebagai sistem operasi laptop ini, melainkan sistem operasi Linux yang telah dimodifikasi. Laporan dari Bloomberg belum mengonfirmasi tentang hal ini.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X