Layar Smartphone "2K" dan "4K" Dipandang Percuma

Kompas.com - 25/09/2015, 16:25 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Resolusi layar smartphone menunjukkan kecenderungan semakin meningkat. Istilah-istilah seperti "Full-HD" dan "Retina Display" seakan sudah basi di tengah kemunculan ponsel dengan layar "2K" (2560x1440).

Terakhir, bahkan layar 4K (3840x2160) yang resolusinya setara dengan TV layar lebar berharga mahal juga sudah hadir perdana di ponsel Xperia Z5 Premium dari Sony. Tapi CEO Meizu Bai Yongxian rupanya punya pendapat yang sedikit berbeda dari arah trend industri.

Ketika berbicara dalam acara peluncuran smartpone Meizu Pro 5 di Beijing, China, Rabu (29/9/2015) lalu, dia mengatakan bahwa layar dengan resolusi 2K atau lebih tinggi sebenarnya adalah sesuatu yang percuma.

"Layar 2K dan lain-lain memang bikin pemasaran jadi lebih mudah, tapi peningkatan sebenarnya sangat kecil karena mata manusia punya batasan," kata Yongxian sambil menambahkan bahwa perbedaan ketajaman layar Full HD sudah tidak bisa dibedakan dari 2K.

Alih-alih memberikan peningkatan kualitas berarti, Yongxian beropini bahwa layar dengan resolusi 2K atau lebih tinggi justru bisa merugikan pengguna karena mengkonsumsi daya lebih tinggi, yang pada akhirnya memboroskan baterai.

Sebab itulah, menurut pengakuan Yongxian, Meizu memutuskan untuk menanam unit layar 5,7 inci dengan resolusi Full-HD (1920x1080) pada ponsel andalan barunya, Pro 5. Angka tersebut dipercaya sudah cukup ideal untuk melayani kebutuhan pengguna dalam mengkonsumsi aneka konten visual sehari-hari.

"Selain itu, kami juga menggunakan tipe display Super AMOLED sehingga reproduksi warnanya bagus," imbuh Yiongxian.

Di samping layar tersebut, spesifikasi Meizu Pro 5 selebihnya mencakup prosesor octa-core Exynos 7420, RAM 4 GB, media penyimpanan internal 32/ 64GB, baterai 3.050 mAh, serta kamera 21 megapiksel dan 5 megapiksel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.