Foxconn dan Apple Berniat Akuisisi Bisnis LCD Sharp

Kompas.com - 26/09/2015, 07:48 WIB
Yuya Shino/Reuters Sharp
KOMPAS.com - Foxconn dan Apple kabarnya akan mengakuisisi bisnis panel LCD milik pabrikan Jepang, Sharp. Hal tersebut pertama kali dilaporkan oleh situs Nikkei Asian Review pada Senin (21/9/2015) lalu.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (24/9/2015), Foxconn yang juga dikenal dengan nama Hon Hai tersebut akan mengakuisisi  bisnis LCD milik Sharp dengan bantuan dana investasi dari Apple.

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan tersebut, pembicaraan antara Foxconn dan Sharp sudah dimulai sejak pertengahan tahun ini, dan Foxconn akan menjadi pemegang saham mayoritas.

Bisnis panel LCD Sharp sendiri saat ini dikabarkan sedang menururn. Jika akuisisi tersebut disepakati, maka Sharp berharap bisa kembali menstabilkan neraca keuangannya.

Akuisisi tersebut juga disebut-sebut bisa menyelamatkan 4.000 tenaga kerja Sharp yang ada di Jepang dari ancaman pemecatan.

Apple sendiri juga telah menunjuk Sharp sebagai produsen layar iPhone dan iPad-nya.

Apple jugatelah menyuntikkan dana mencapai 987 juta Dollar AS yang membuat perusahaan pimpinan Tim Cook tersebut memegang saham mayoritas bisnis LCD Sharp.

Dengan menambah suntikan dana bersama dengan Foxconn, maka Apple juga secara tidak langsung mengamankan rantai suplai komponen layar iPad dan iPhone-nya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi
SumberCNET
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X