Review: Xperia M4 Aqua, Ponsel Kelas Menengah Rasa "High-end"

Kompas.com - 26/09/2015, 10:11 WIB
Oik Yusuf/ Kompas.com Sony Xperia M4 Aqua


KOMPAS.com - Xperia M4 Aqua adalah salah satu model smartphone andalan Sony di segmen menengah. Dengan ukuran layar 5 inci, ia memiliki rancangan yang terbilang mirip dengan ponsel high-end Xperia seri Z, juga dari produsen yang sama.

Bukan cuma itu, sesuai namanya, Xperia M4 Aqua pun bisa "berendam" di air karena dibekali sertifikasi IP68. Tubuhnya yang didesain agar anti-air dan debu melindungi bagian dalam berisi sederet komponen hardware yang umum ditemukan di smartphone kelas mainstream.

Sayang, desain manis Xperia M4 Aqua menyembunyikan beberapa kelemahan yang cukup mengganggu dalam pemakaian sehari-hari. Seperti apa? Simak penelusuran Kompas Tekno berikut ini.

Bisa basah-basahan

Penampilan Xperia M4 Aqua yang manis dengan tubuh berbalut kaca anti-gores di bagian depan dan belakang membikin banyak orang keliru mengiranya sebagai Xperia Z. Wajar saja, karena Sony memang sengaja merancang ponsel ini agar mirip dengan sang "kakak" di segmen flagship tersebut.

Oik Yusuf/ Kompas.com Tampak depan dan belakang dari Xperia M4 Aqua

Bedanya, dibandingkan model terbaru Xperia Z3 Plus, Xperia M4 Aqua terasa lebih ringan. Mungkin karena materialnya yang lebih banyak menggunakan plastik, juga ukuran layarnya yang sedikit lebih kecil.

Secara keseluruhan, ponsel-ponsel bikinan Sony memang menganut konsep desain yang sama. Berjuluk "OmniBalance", rancangan yang mewujud dalam bentuk body smartphone cenderung "kotak" ini diklaim membuat perangkat terasa mantap di tangan dan senantiasa tampak indah di mata, tak peduli dipandang dari sudut manapun.

Dalam praktiknya, Xperia M4 Aqua memang tampak "indah", namun tubuhnya cenderung terasa licin di tangan, apalagi ketika sedang dalam kondisi basah.

Oik Yusuf/ Kompas.com Port headphone dan grill speaker di sisi atas dan bawah Sony Xperia M4 Aqua


Oik Yusuf/ Kompas.com Sisi kanan Sony Xperia M4 Aqua

Tapi paling tidak sisi-sisi pinggiran yang membulat bisa membuatnya terasa lebih nyaman dalam genggaman. Bagian ini memiliki tekstur kesat dengan warna keperakan mirip logam, namun sebenarnya terbuat dari plastik, bukan metal frame seperti pada Xperia Z3 Plus.

Sisi pinggir kanan dan kiri dari badan unibody Xperia M4 Aqua sekaligus memuat slot nano-SIM card dan micro-SD yang dilindungi penutup kedap air. Ada juga tombol pengatur volume, tombol daya berbentuk bundar khas Sony, serta sebuah tombol shutter untuk aplikasi kamera.

Oik Yusuf/ Kompas.com Slot nano-SIM card pada Xperia M4 Aqua terlindung di balik penutup kedap air

Oik Yusuf/ Kompas.com Konektor micro-USB pada Xperia M4 Aqua dibiarkan tetap terbuka tanpa cover khusus

Tombol shutter sekaligus memungkinkan pengguna merekam gambar saat basah-basahan, menggantikan fungsi layar sentuh yang memang tidak terpakai dalam kondisi tersebut.

Port micro-USB tidak tertutup pelindung, namun dijamin tetap anti-air. Terbukti, ketika Kompas Tekno coba merendam Xperia M4 Aqua, ia tetap sehat wal-afiat. Asalkan kedalaman air tak lebih dari 1,5 meter dan durasi "penyelaman" tak lebih dari 30 menit, sesuai sertifikasi IP68 yang dikantonginya.

Oik Yusuf/ Kompas.com Xperia M4 Aqua sanggup diajak basah-basahan karena memang dirancang anti-air dan debu

Sony memang sengaja mengembangkan port micro-USB yang kedap air tanpa perlu ditutup pelindung khusus. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tak perlu membuka cover tiap kali ingin menancapkan kabel ke perangkat untuk mengisi baterai atau mentransfer data.

Pub begitu, port micro-USB (berikut port headphone yang sama-sama dibiarkan terbuka) mesti dipastikan benar-benar kering sebelum dipakai.

Penyimpanan sempit

Xperia M4 Aqua Menjalankan sistem operasi Android 5.0 yang dilapis antarmuka ala Sony. Hingga kini masih belum ada pembaruan OS yang disalurkan Sony untuk ponsel ini.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi

Close Ads X