Kontes Inovasi Indosat Buka Kategori Baru, Anak-Anak dan Remaja

Kompas.com - 27/09/2015, 07:07 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kompetisi inovasi teknologi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) kembali dihelat tahun 2015 ini. Kali ini, operator seluler Indosat, sebagai penyelenggara acara, mengikutsertakan sebuah kategori baru, yakni Kid & Teens (anak-anak dan remaja).

Sekadar informasi, tahun-tahun sebelumnya acara ini hanya diperuntukkan bagi kategori umum dan mahasiswa.

Penambahan segmentasi peserta IWIC membuat tempat roadshow acara ini bertambah. Setelah sebelumnya mengunjungi kampus ke kampus, acara ini merambah juga sekolah-sekolah, dari sekolah dasar hingga SMA.

Untuk menggaet ide yang lebih lebih banyak dan beragam, pada tanggal 23 September 2015, IWIC hadir hadir di Kidzania. Mengambil lokasi di Metropolitan Theater of Kidzania, acara yang berlangsung selama 1,5 jam ini nyatanya mampu menampung banyak ide dari pengunjung kelas 3, 4, dan 5 SD yang hadir.

Total anak-anak yang hadir dalam Roadshow IWIC di Kidzania sekitar 45 anak, dan ada total 41 ide yang berhasil terkumpul saat itu.

Presentasi tentang apa itu IWIC dan bagaimana cara membuat proposal ide disampaikan oleh Anastania Budiman (Mbak Nini), CSR Manager Indosat.

Dalam acara di Kidzania itu, anak-anak banyak menyampaikan ide-ide tentang aplikasi idaman yang mereka inginkan berdasarkan dari permasalahan atau kesulitan yang mereka temui sehari-hari.

Misalnya ada salah satu anak yang menginginkan memiliki aplikasi tentang memilih liburan dan hotel yang menyenangkan bersama keluarga. Karena setiap dia pergi bersama keluarganya selalu mendapat hotel yang kurang nyaman.

Ada lagi karya tentang Jus, sebuah pemikiran sederhana tetapi cukup menarik. Rata-rata anak sekarang cenderung tidak suka dengan sayuran, maka dia ingin sebuah aplikasi mobile yang berupa resep serta cara membuat jus dari sayuran agar lebih enak dimakan dan disukai oleh anak-anak.

IWIC sendiri berlangsung hingga bulan November, tetapi proses peserta bisa mendaftar dan submit ide atau aplikasi ke www.indosat.com/iwic hanya sampai 31 Oktober 2015.

Setelah itu ada proses seleksi dan bootcamp untuk menentukan pemenang yang berhak mendapat hadiah Rp 25 juta, gadget terbaru, saldo dompetku, dan banyak lagi hadiah berupa beasiswa dan pendanaan dari partner-partner yang ikut dalam IWIC 2015 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.