Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Inovasi Indosat Buka Kategori Baru, Anak-Anak dan Remaja

Kompas.com - 27/09/2015, 07:07 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi inovasi teknologi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) kembali dihelat tahun 2015 ini. Kali ini, operator seluler Indosat, sebagai penyelenggara acara, mengikutsertakan sebuah kategori baru, yakni Kid & Teens (anak-anak dan remaja).

Sekadar informasi, tahun-tahun sebelumnya acara ini hanya diperuntukkan bagi kategori umum dan mahasiswa.

Penambahan segmentasi peserta IWIC membuat tempat roadshow acara ini bertambah. Setelah sebelumnya mengunjungi kampus ke kampus, acara ini merambah juga sekolah-sekolah, dari sekolah dasar hingga SMA.

Untuk menggaet ide yang lebih lebih banyak dan beragam, pada tanggal 23 September 2015, IWIC hadir hadir di Kidzania. Mengambil lokasi di Metropolitan Theater of Kidzania, acara yang berlangsung selama 1,5 jam ini nyatanya mampu menampung banyak ide dari pengunjung kelas 3, 4, dan 5 SD yang hadir.

Total anak-anak yang hadir dalam Roadshow IWIC di Kidzania sekitar 45 anak, dan ada total 41 ide yang berhasil terkumpul saat itu.

Presentasi tentang apa itu IWIC dan bagaimana cara membuat proposal ide disampaikan oleh Anastania Budiman (Mbak Nini), CSR Manager Indosat.

Dalam acara di Kidzania itu, anak-anak banyak menyampaikan ide-ide tentang aplikasi idaman yang mereka inginkan berdasarkan dari permasalahan atau kesulitan yang mereka temui sehari-hari.

Misalnya ada salah satu anak yang menginginkan memiliki aplikasi tentang memilih liburan dan hotel yang menyenangkan bersama keluarga. Karena setiap dia pergi bersama keluarganya selalu mendapat hotel yang kurang nyaman.

Ada lagi karya tentang Jus, sebuah pemikiran sederhana tetapi cukup menarik. Rata-rata anak sekarang cenderung tidak suka dengan sayuran, maka dia ingin sebuah aplikasi mobile yang berupa resep serta cara membuat jus dari sayuran agar lebih enak dimakan dan disukai oleh anak-anak.

IWIC sendiri berlangsung hingga bulan November, tetapi proses peserta bisa mendaftar dan submit ide atau aplikasi ke www.indosat.com/iwic hanya sampai 31 Oktober 2015.

Setelah itu ada proses seleksi dan bootcamp untuk menentukan pemenang yang berhak mendapat hadiah Rp 25 juta, gadget terbaru, saldo dompetku, dan banyak lagi hadiah berupa beasiswa dan pendanaan dari partner-partner yang ikut dalam IWIC 2015 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com