Android “Cyanogen” Lenovo Zuk Z1 Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 28/09/2015, 09:08 WIB
Smartphone Zuk Z1 Oik Yusuf/ Kompas.comSmartphone Zuk Z1
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pasaran smartphone Indonesia akan bertambah ramai dengan kehadiran merk baru asal China, Zuk Z1. Ponsel Android ini rencananya akan hadir di Tanah Air sekitar bulan Oktober mendatang melalui situs e-commerce Blibli.

“Ya, kami telah menjadi rekanan resmi untuk memasarkan produk perdana Zuk di Indonesia,” kata Jefrey Maeda, Head of Business Development PT GDN selaku pengelola Blibli, ketika ditemui KompasTekno, Kamis (24/9/2015).

Zuk Z1 merupakan ponsel berbasis sistem operasi Android custom CyanogenMod 12.1.

Smartphone dengan bentang layar 5,5 inci (1920x1080) ini diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, media penyimpanan berkapasitas 64 GB, dan baterai 4.100 mAh.

Spesifikasi lain mencakup konektor micro-USB tipe-C yang baru, dukungan konektivitas 4G LTE, pemindai sidik jari, serta unit kamera 13 megapixel dan 8 megapixel.

Kendati sudah memastikan pihaknya bakal memasarkan Zuk Z1, Jefrey mengaku belum bisa mengungkapkan harga jual ponsel yang bersangkutan di Indonesia.

Di pasaran Internasional, Zuk Z1sendiri dibanderol seharga 300 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Punya Lenovo

Zuk merupakan brand baru yang dibuat oleh pabrikan smartphone China, Lenovo, untuk menyasar para pengguna muda yang gemar berbelanja online.

“Ponsel Zuk Z1 memang dibuat untuk memanfaatkan fenomena belanja online oleh anak muda. Target pengguna mereka pun dari kalangan usia 18-25 tahun yang akrab dengan teknologi,” ujar Jefrey.

Brand Zuk berada di bawah perusahaan ponsel baru bernama Shenqi Gongchang. Sebagian besar saham perusahaan ini dimiliki oleh Lenovo. Dengan Zuk, Lenovo berharap bisa memasarkan dan menjual produk secara online sebagai kanal utama.

Zuk Z1 pertama kali dilempar ke pasaran China pada Agustus lalu dan kini sedang bersiap melakukan ekspansi ke wilayah pasar lain, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, pada April, perusahaan Cyanogen selaku pemilik sistem operasi Android custom CyanogenMod telah mengumumkan kemitraan baru dengan pabrikan ponsel asal China yang tak lain adalah pembuat Zuk.

Pengumuman tersebut datang menyusul hubungan Cyanogen yang mendingin dengan rekanan sebelumnya, OnePlus.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.