Kompas.com - 28/09/2015, 12:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Facebook kini mendukung video 360 derajat. Pengguna bisa melihat suatu objek dari berbagai sudut pandang melalui layar ponsel atau laptop.

Video 360 pertama yang dipublikasikan adalah potongan scene film yang sudah ditunggu-tunggu dan akan segera rilis, "Star Wars: The Force Awakens". Pada video berdurasi 56 detik itu, tampak sebuah kendaraan sedang melaju di atas gurun di Planet Jakku.

Lewat smartphone, pengguna bisa menggulir layar ke berbagai arah untuk menyaksikan video cuplikan "Star Wars" teranyar dari beragam sudut. Sementara lewat laptop, pengguna bisa menggulir dengan kursor.

Kemampuan baru Facebook ini diluncurkan guna mendukung produk Oculus VR, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (26/9/2015). Startup pembuat kacamata realitas virtual tersebut diakuisisi Facebook tahun lalu.

Menurut Director of Engineering Facebook untuk proyek video, Maher Saba, format video 360 akan merevolusi pengalaman seseorang membuat dan menyaksikan video. Penyajian konten visual, kata dia, akan lebih jauh terjun ke era realitas virtual.

"Di masa depan, bayangkan menonton video perjalanan teman dalam format 360. Kalian bisa melihat sekeliling dengan lebih jelas dan merasa ada di sana," ia menjelaskan.

Saat ini kemampuan video 360 Facebook baru bisa dinikmati lewat laptop atau ponsel Android. Para pengguna iOS harus menunggu beberapa bulan ke depan untuk mendapatkan pengalaman visual yang tengah populer ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.