Kompas.com - 30/09/2015, 09:18 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (30/9/2015) dinihari, atau Selasa siang di San Fransisco, Amerika Serikat, Google meluncurkan dua lini smartphone teranyarnya. Salah satunya adalah flagship Nexus 6P yang digodok Huawei.

Ini adalah kali pertama Huawei mengembangkan lini Nexus. Pabrikan China tersebut memboyong fitur-fitur mumpuni agar Nexus 6P mampu menyaingi Apple iPhone 6s, Samsung Galaxy S6 dan Sony Xperia Z5 Premium.

Dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, beberapa fitur andalannya adalah pemindai jari, sistem operasi termutakhir Android 6.0 Marshmallow, serta perekaman video 4K dengan fitur slow motion 240fps.

Untuk tampilan layar, Nexus hanya mengandalkan layar beresolusi 2560p dengan kerapatan 515 ppi. Spesifikasi tersebut masih kalah dengan Galaxy S6 dan Xperia Z5 Premium.

Kameranya mematrikan sensor 12,3 megapiksel di belakang dan 8 megapiksel di depan. Kemampuan tersebut sama dengan yang disematkan LG pada Nexus 5X, yang dirilis pada waktu bersamaan oleh Google.

Jeroannya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 810, dipadukan dengan RAM 3 GB. Kapasitas penyimpanan dibagi menjadi tiga varian, mulai dari 32 GB, 64 GB hingga 128 GB.

Baterai adalah salah satu keunggulan Nexus 6P dibandingkan pesaingnya. Ponsel ini mengusung baterai non-removable 3450 mAH. Kapasitas daya tersebut lebih mumpuni daripada iPhone 6s, Galaxy S6 dan Xperia Z5 Premium.

Sayangnya, ponsel ini menyetop kemampuan wireless charging yang sebelumnya ditemui pada Nexus 5 dan Nexus 4.

Spesifikasi lain flagship terbaru ini adalah port sambungan USB-C serta dukungan mobile wireless Project Fi yang digodok Google.

Untuk semua fungsi tersebut, Nexus 6P dibanderol mulai dari harga 499 dollar AS atau setara Rp 7,3 juta. Saat ini flagship Nexus ini bisa dipesan di Google Store. Kabarnya, 25 Oktober mendatang ponsel ini mulai dipasarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.