Sony Bakal Telantarkan PS Vita

Kompas.com - 30/09/2015, 15:22 WIB
PS Vita baru hadir lebih ringan dan tipis EngadgetPS Vita baru hadir lebih ringan dan tipis
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sony nampaknya tidak akan membuat penerus konsol game portabelnya, Playstation (PS) Vita dalam waktu dekat. Hal itu diakui sendiri oleh President Sony Worldwide Studio, Shuhei Yoshida.

Dalam sebuah kesempatan berbincang dengan para pengembang game, Yoshida mengatakan iklim untuk membuat konsol game portabel saat ini sedang tidak mendukung.

Menurut Yoshida, seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Selasa (29/9/2015), hal tersebut dikarenakan penetrasi smartphone masih tinggi, sehingga memengaruhi antusiasme pengguna game mobile.

"Mengapa harus membeli perangkat khusus dan membeli game jika ternyata bisa dimainkan secara gratis di perangkat yang sudah dimiliki (smartphone)?" tanya Yoshida, menggambarkan pudarnya daya tarik PS Vita di mata para gamer mobile.

Meski demikian, Yoshida berharap kultur game portabel tetap akan hidup. Namun untuk saat ini, Sony menurutnya belum melihat kultur tersebut bakal terbangun dengan membuat hardware baru.

Keputusan Sony untuk menahan peluncuran PS Vita baru akibat gempuran smartphone memang bisa dibenarkan. Namun di sisi lain, Sony juga belum bisa meletakkan pondasi yang kokoh untuk pasar mobile gaming portable-nya itu.

Tak seperti konsol PS3 dan PS4, PS Vita tidak memiliki game yang berhasil mencatatkan rekor, kebanyakan adalah versi turunan dari konsol-konsol game kakaknya, PlayStation 3 atau 4.

Selain itu, saat ini Sony juga belum memiliki teknologi pendobrak untuk membuat hardware yang lebih unggul dibanding PS Vita yang sekarang.

Jadi kalaupun PS Vita baru jadi meluncur, tak ada jaminan ia akan lebih bagus dibandingkan PS Vita sekarang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X