Kompas.com - 01/10/2015, 08:29 WIB
Paten layar lengkung Apple PhoneArenaPaten layar lengkung Apple
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Apple telah mengantongi paten untuk layar ponsel melengkung (curved). Paten tersebut telah didaftarkan sejak 2013 lalu.

Dilansir KompasTekno, Rabu (30/9/2015) dari Phone Arena, layar melengkung versi Apple tak serta-merta mirip dengan yang diadopsi Samsung pada Galaxy S6 Edge. Lebih dari itu, Apple memungkinkan layar lengkungnya menjadi lebih fleksibel.

Menurut deskripsi paten, layar lengkung Apple mampu menampilkan konten yang lebih banyak dibandingkan kompetitornya, tanpa harus meningkatkan ukuran layar.

Dengan teknologi tertentu, layar bisa dilipat dan pengguna bisa menikmati video atau gambar dalam tampilan serupa lingkaran terus-menerus.

Artinya, Apple bisa membuat iPhone berbentuk silinder, bola, atau bentuk-bentuk lainnya sesuka hati sang kepala desain, Jony Ive. Fleksibilitas tersebut diharapkan mempermudah pengguna untuk menikmati gambar-gambar 3D.

Selain paten layar melengkung, Apple juga telah mengantongi paten sistem berbasis gestur untuk memasukkan kode kunci pengamanan ponsel. Saat memasukkan kode, sistem Apple akan mengidentifikasi kebiasaan pemilik perangkatnya dalam menekan kode.

Hal tersebut bertujuan mempersulit peretas atau orang iseng yang berniat menguntit pengguna. Dua paten Apple yang telah terpublikasi ini belum jelas kapan akan ditelurkan sebagai produk nyata. Apakah kita akan melihat iPhone 7 dengan layar lengkung? Kita lihat saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.