Bongkar Apple TV, Situs Bongkar-Pasang "Dihukum"

Kompas.com - 01/10/2015, 15:44 WIB
iFixit membongkar Apple TV iFixitiFixit membongkar Apple TV
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Aplikasi milik iFixit mendadak menghilang dari toko digital App Store milik Apple. Ada apa gerangan?

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Kamis (1/10/2015), keputusan menarik aplikasi milik situs bongkar-pasang gadget itu disebabkan kesalahan iFixit sendiri.

Situs tersebut membongkar dan menunjukkan hasil bongkaran Apple TV generasi terbaru, yang bahkan belum dirilis ke pasar. Anggota dari iFixit diketahui menggunakan akun developer untuk mendapatkan perangkat Apple TV terbaru tersebut.

Sekadar informasi, Apple memang sudah melepas Apple TV kepada beberapa developer terpilih.

Apple sendiri memiliki sebuah peraturan terkait dengan produk yang diserahkan kepada developer. Perangkat semacam ini seharusnya hanya boleh digunakan untuk kepentingan pembuatan dan masalah kompatibilitas aplikasi saja. Tidak boleh lebih dari itu.

Akan tetapi, pihak iFixit tampaknya memang sudah tidak sabar untuk memperlihatkan hasil bongkar-bongkaran perangkat tersebut.

"Beberapa waktu lalu, kami membongkar Apple TV dan Siri Remote. Unit developer yang kami bongkar dikirimkan oleh Apple. Rupanya, perangkat tersebut tidak seharusnya untuk dibongkar," tulis iFixit dalam blog resminya.

"Tetapi kami adalah perusahaan pembongkar dan perbaikan; membongkar ada di DNA kami," lanjutnya.

Masih belum diketahui kapan aplikasi milik iFixit bakal kembali ke App Store. Meskipun begitu, pengguna iOS masih bisa menikmati konten iFixit melalui situs resminya.

"Harga" yang harus dibayar akibat pelanggaran itu memang hanya sekadar penarikan aplikasi saja. Akan tetapi, berdasarkan kasus tersebut, developer lain akan lebih berhati-hati untuk mempublikasikan produk versi developer yang dipegangnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.