Hadiah Game "18 Plus" untuk Anak Jadi Perdebatan

Kompas.com - 02/10/2015, 15:13 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah postingan Instagram dari selebriti Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu sempat mengundang perdebatan. Selebritas yang awalnya terkenal akan kemampuan sulapnya ini mengungkapkan, telah menghadiahkan game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain kepada anaknya, Azka Corbuzier.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan game tersebut. Game itu menampilkan permainan yang menarik. Ulasan-ulasan dari media ternama memperlihatkan bahwa game buatan Hideo Kojima ini mampu menghadirkan keseruan dan cerita yang menarik.

Hanya saja, game tersebut berisikan berbagai konten yang tidak cocok untuk dikonsumsi oleh anak di bawah umur. Di dalam game ini, terkandung unsur darah, kekerasan, kata-kata kasar, dan juga tema-tema tidak senonoh.

Di cover game itu sendiri, sebenarnya sudah tertulis rating dari game tersebut, yakni 18+. Itu artinya, game ini sebaiknya dikonsumsi oleh pemain di atas umur 18 tahun.

Hal itulah yang menjadi perdebatan. Banyak yang berkata bahwa game seperti itu seharusnya tidak diberikan kepada Azka yang sebenarnya baru menginjak usia 9 tahun.

"Itu game-nya tidak hanya kekerasan atau aksi biasa, tapi juga ada woman abused and explicit woman body. I hope you didn't make a wrong choice this one," demikian komentar salah satu follower Deddy di Instagram.

Dalam postingannya, Deddy sebenarnya sudah memberikan penjelasan di balik keputusannya untuk memberikan game tersebut. Menurutnya, keputusan memberikan game tersebut kepada Azka sudah benar. Alasannya, ia menilai Azka sudah mampu membedakan mana yang salah dan benar.

"Di sinilah peran orangtua dinilai. Mampukah Anda mendidik anak untuk membedakan mana yang benar, mana yang fantasy, dan mana yang hanya sebuah film. Di sinilah anak Anda diuji kemampuan nalar berpikirnya," tulis Deddy.

Postingan itu pun akhirnya mendapat banyak dukungan dari para follower-nya.

"Sebagai seorang ayah, saya setuju dengan pernyataan Anda di atas," ujar salah satu follower.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.