Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Tuduh Huawei Curi Desain Smartphone

Kompas.com - 04/10/2015, 09:42 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google secara resmi merilis dua smartphone terbarunya, yakni Nexus 6P dan Nexus 5X.

Seperti biasa, Google tidak menggarap kedua smartphone itu sendirian. Nexus 5X dan Nexus 6P menjadi smartphone premium baru andalan Google yang dirakit bersama dengan vendor Korea LG dan vendor China Huawei.

Sayangnya, baru beredar beberapa saat di pasar AS, salah satu smartphone tersebut mendapat isu miring. Berdasarkan postingan Weibo dari Lu Qian Hao, Marketing Head ZTE, ia menuduh Huawei dengan Nexus 6P buatannya, meniru desain dari salah satu produk ZTE.

Secara lebih spesifik, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Sabtu (3/10/2015), Hao membeberkan bahwa Nexus 6P memiliki desain yang mirip dengan ZTE Athena. Perangkat ZTE itu sendiri sudah dirilis pada tahun 2013 lalu dan diperkenalkan pada pasar global dengan nama ZTE Grand S.

Berdasarkan foto perbandingan desain dari Nexus 6P dan ZTE Grand S memang terlihat ada sedikit kemiripan. Di bagian belakang, tepatnya di bagian atas, terlihat sebuah bidang berwarna hitam.

Di bagian itu, terletak lensa kamera dan juga lampu flash. Akan tetapi, peletakkan lensa dan lampu flash ini terlihat sedikit berbeda.  

Selain itu, tidak ada begitu banyak kemiripan yang terlihat lagi.

Berdasarkan klaim tiruan tersebut, hingga saat ini, masih belum diketahui apakah ZTE akan mengambil langkah hukum atau tidak.

Nexus 6P memiliki fitur andalannya pemindai jari, sistem operasi termutakhir Android 6.0 Marshmallow, serta perekaman video 4K dengan fitur slow motion 240fps.

Untuk tampilan layar, Nexus hanya mengandalkan layar beresolusi 2560p dengan kerapatan 515 ppi.

Spesifikasi lainnya, SoC Snapdragon 810 buatan Qualcomm, RAM 3 GB, media penyimpanan 32/64/128 GB, kamera belakang 12,3 megapiksel, kamera depan 8 megapiksel, dan baterai 3.450 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com