Kompas.com - 04/10/2015, 09:42 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google secara resmi merilis dua smartphone terbarunya, yakni Nexus 6P dan Nexus 5X.

Seperti biasa, Google tidak menggarap kedua smartphone itu sendirian. Nexus 5X dan Nexus 6P menjadi smartphone premium baru andalan Google yang dirakit bersama dengan vendor Korea LG dan vendor China Huawei.

Sayangnya, baru beredar beberapa saat di pasar AS, salah satu smartphone tersebut mendapat isu miring. Berdasarkan postingan Weibo dari Lu Qian Hao, Marketing Head ZTE, ia menuduh Huawei dengan Nexus 6P buatannya, meniru desain dari salah satu produk ZTE.

Secara lebih spesifik, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Sabtu (3/10/2015), Hao membeberkan bahwa Nexus 6P memiliki desain yang mirip dengan ZTE Athena. Perangkat ZTE itu sendiri sudah dirilis pada tahun 2013 lalu dan diperkenalkan pada pasar global dengan nama ZTE Grand S.

Berdasarkan foto perbandingan desain dari Nexus 6P dan ZTE Grand S memang terlihat ada sedikit kemiripan. Di bagian belakang, tepatnya di bagian atas, terlihat sebuah bidang berwarna hitam.

Di bagian itu, terletak lensa kamera dan juga lampu flash. Akan tetapi, peletakkan lensa dan lampu flash ini terlihat sedikit berbeda.  

Selain itu, tidak ada begitu banyak kemiripan yang terlihat lagi.

Berdasarkan klaim tiruan tersebut, hingga saat ini, masih belum diketahui apakah ZTE akan mengambil langkah hukum atau tidak.

Nexus 6P memiliki fitur andalannya pemindai jari, sistem operasi termutakhir Android 6.0 Marshmallow, serta perekaman video 4K dengan fitur slow motion 240fps.

Untuk tampilan layar, Nexus hanya mengandalkan layar beresolusi 2560p dengan kerapatan 515 ppi.

Spesifikasi lainnya, SoC Snapdragon 810 buatan Qualcomm, RAM 3 GB, media penyimpanan 32/64/128 GB, kamera belakang 12,3 megapiksel, kamera depan 8 megapiksel, dan baterai 3.450 mAh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.