Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lawas Nokia 1100 Kalahkan iPhone 6

Kompas.com - 05/10/2015, 12:45 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Meski sudah terjual sebanyak 71,5 juta unit di seluruh dunia, iPhone 6 bukanlah ponsel paling laris. Perangkat buatan Apple tersebut harus "bertekuk lutut" dari feature phone buatan Nokia, 1100.

Nokia 1100 merupakan ponsel sederhana, yang tidak dirilis dengan kemampuan untuk berselancar di dunia maya. Perangkat ini pun tidak secanggih iPhone, tanpa dilengkapi dual kamera dan layar lengkung.

Akan tetapi, perangkat yang dirilis pada tahun 2003 lalu ini punya fitur-fitur yang dianggap sangat keren pada masanya, seperti senter, pegangan antiselip, dan antidebu.

Lantas, berapa banyak unit 1100 yang berhasil dijual Nokia? Hanya dalam hitungan lima tahun, perangkat ini berhasil terjual sebanyak 250 juta unit.

Dengan jumlah sebanyak itu, Nokia 1100 tidak hanya menjadi ponsel yang paling laris di dunia, tetapi juga menjadi perangkat elektronik konsumer tersukses hingga saat ini.

Apa yang membuat perangkat ini begitu laku? Jawabannya sangat sederhana, Nokia 1100 sangat murah. Produk ini dibanderol hanya sekitar 100 dollar AS atau untuk ukuran tahun 2003 seharga Rp 900.000.

Dengan harga seperti itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (5/10/2015), pengguna akan mendapatkan perangkat yang memiliki senter secara built-in, ringtone monophonic (36 tersedia langsung, 7 yang bisa dibuat sendiri), cover yang bisa diganti, penyimpanan 50 SMS, mengisi kontak hingga 50, dan masa hidup selama 400 jam dalam sekali isi baterai.

Yang paling penting, Nokia 1100 dilengkapi dengan game sangat populer kala itu, yakni Snake II dan Space Impact.

Saat ini, ponsel terlaris di dunia ini sudah tidak diproduksi lagi. Akan tetapi, menurut rumor yang berkembang, Nokia akan melahirkan kembali perangkat tersebut dalam wujud smartphone berbasis Android.

Informasi tersebut pernah muncul di Geekbench, situs penyimpanan informasi benchmark. Perangkat itu dikatakan akan memiliki sistem operasi Android 5.0 Lollipop, SoC MediaTek MT-6582 1,3 GHz quad-core, dan RAM 466 MB.

Hingga saat ini, Nokia masih bungkam perihal Nokia 1100 versi Android tersebut. Mungkinkah Nokia benar-benar akan menghidupkan kembali Nokia 1100? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.