Dapat Rp 440 Juta di Kickstarter, Developer "Game" Menghilang

Kompas.com - 05/10/2015, 14:47 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sebuah pengembang game yang memanfaatkan situs urun dana Kickstarter dan telah berhasil mencapai target tiba-tiba menghilang. Ia membawa kabur seluruh uang hasil urunan yang nilainya mencapai Rp 440 juta.

Kisah ini dimulai pada Desember 2013 lalu. Ketika itu, sebuah developer yang menyebut diri dengan nama Golgom Games ingin meminta dana untuk mewujudkan game bikinannya, Mansion Lord.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Kotaku, Senin (5/10/2015), tidak hanya melalui Kickstarter, pembuat game yang dimaksud pun sampai membuka akun PayPal untuk membuka jalur baru sumbangan.

Namun, pada Agustus 2014, sejak mengumumkan pengumpulan dana melalui PayPal, Golgom Games tiba-tiba menghilang.

Setahun berlalu, pengembang tersebut tidak pernah memperbarui laman Kickstarter dan juga media sosial dari game tersebut. Situs resmi Golgom Games pun sudah kedaluwarsa. Benar-benar misterius, Golgom seolah merupakan pengembang game gadungan yang sejak awal memang sudah berniat buruk.

"Kami telah mencoba menghubungi Kickstarter, tetapi mereka bilang itu urusan kami (backer, penyumbang dana) dengan si kreator game," kata salah satu pengurun dana proyek tersebut. "Mereka juga tidak memberi tahu kami cara untuk menghubungi Golgom Games," lanjutnya.

Pada awalnya, laman Kickstarter untuk Mansion Lord sebenarnya sudah mencurigakan. Sama sekali tidak ada informasi tertulis mengenai orang-orang yang berada di belakang Golgom Games.

Pemilik dari situs golgomgames.com, situs milik developer tersebut, pun misterius. Golgom Games diketahui dimiliki oleh seseorang bernama Michael Wong, yang memasukkan dua alamat, yakni di California dan Texas.

Hingga saat ini, Wong telah menghapus banyak situs yang terdaftar atas namanya.

Moral dari kisah ini, sebaiknya perhatikan dulu informasi yang ada di situs dana. Cek dulu, apakah pembuat proyek jelas atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.