Kompas.com - 05/10/2015, 15:13 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata (XL) memperluas layanannya internetnya ke wilayah terluar Indonesia, salah satunya di Pulau Simeulue, Aceh. Pengguna layanan mereka di pulau tersebut kini bisa menikmati internet 3G seperti di kota-kota besar.

"XL sendiri sudah melayani warga Simeulue sejak September tahun 2008. Apa yang kami lakukan di sini merupakan bagian dari upaya kami dalam membantu menyediakan infrastruktur yang bisa menjembatani pembangunan hingga ke daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar," ujar Chief Executive Officer XL Dian Siswarini melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Senin (5/10/2015).

Dia berharap penambahan base transceiver station (BTS) 3G di sana akan berdampak positif bagi kehidupan warga, terutama dalam hal akses informasi dan promosi daerah. Seperti diketahui Pulau Simeulue dikenal dengan potensi wisata pantai dan perikanan

BTS baru itu diletakkan di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut (Mako Lanal) Simeulue serta diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Total keseluruhan BTS di pulau itu adalah tiga unit untuk 3G dan 2 unit untuk 2G.

Selaun Pulau Simeulue, operator yang identik dengan warna biru tersebut juga sudah menyelenggarakan layananntya di berbagai wilayah terluar lain. Misalnya di Pulau Weh - Sabang, Nias, Kepulauan Natuna (Kepri), sejumlah pulau yang berbatasan dengan parairan Singapura dan Malaysia (Kepri), Sebatik (Kaltara), juga Biak (Papua).

Dalam kesempatan yang sama, XL juga mengenalkan konsep layanan digital bernama Pantau Laut untuk mendeteksi keberadaan kapal asing di perairan Indonesia. Layanan ini bermanfaat untuk bidang pertahanan, kelautan dan perikanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.