Kompas.com - 05/10/2015, 20:41 WIB
Apple menyelipkan sebuah lampisan tambahan yang membuatnya bisa menahan cairan IfixitApple menyelipkan sebuah lampisan tambahan yang membuatnya bisa menahan cairan
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Beberapa hari belakangan santer terdengar kabar bahwa duo Apple iPhone 6S dan 6S Plus dibuat anti-air. Faktanya, tak seluruhnya kabar itu benar.

Ifixit, blog yang terkenal kerap membongkar dan memamerkan jeroan perangkat Apple, mencoba mengumpulkan bukti soal desas-desus iPhone anti-air itu. Tentu saja dengan cara yang biasa mereka lakukan, yaitu membongkar iPhone 6S.

Dari pembongkaran yang dilakukan, sebagaimana dilansir KompasTekno dari blog tersebut, Senin (5/10/2015), ternyata ditemukan bahan misterius mirip perekat yang melingkari bagian layar iPhone itu.

Meski dikatakan mirip perekat, fungsi bahan tersebut sebenarnya tidak jelas. Layar iPhone 6S melekat erat pada body menggunakan sekrup, jadi bahan yang melingkarinya bisa saja memang bukan bertujuan sebagai perekat.

Bila mengacu pada pengajuan paten Apple soal teknologi anti-air, bisa disimpulkan bahwa bahan tersebut digunakan sebagai alat penahan air. Fungsinya lebih mirip sebuah kemasan yang mencegah air masuk.

Hal menariknya, Apple tidak sekadar memasang tambahan perekat pada celah layar tersebut. Mereka bahkan memperluas bagian tepi ponsel dari ukuran 1,89 mm menjadi 2,21 mm agar bisa leluasa menyelipkan bahan mirip perekat itu.

Beberapa waktu belakangan ini pun terdengar kabar sejumlah fanboy menguji kebenaran kabar itu dengan mencemplungkan iPhone 6S ke air. Hasilnya, ada saja yang gagal kendati ada juga yang perangkat genggamnya baik-baik saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari situ dapat disimpulkan bahwa iPhone 6S dan 6S Plus memang tidak mudah rusak ketika terkena cairan. Dengan catatan, pengguna tidak membawa ponsel itu berendam di kolam.

Anda bisa menyaksikan video pembongkaran iPhone 6S itu di bawah ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ifixit
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.