2016, Facebook Luncurkan Satelit Penyebar Internet Gratis

Kompas.com - 06/10/2015, 12:02 WIB
Laman pengajuan layanan Internet.org di Facebook FacebookLaman pengajuan layanan Internet.org di Facebook
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Facebook mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan satelit yang memberikan akses internet bagi penduduk Afrika.

Bekerja sama dengan perusahaan provider internet berbasis di Perancis, Facebook berharap satelit itu bisa diluncurkan pada tahun 2016.

"Kami akan tetap berupaya untuk menghubungkan seluruh dunia (dengan internet), tak peduli jika kami harus keluar planet sekalipun," tulis CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di akun Facebook-nya, Senin (5/10/2015).

Proyek satelit internet bagi warga Afrika tersebut merupakan bagian dari proyek Internet.org yang diluncurkan Facebook.

Proyek yang kini berubah nama menjadi Free Basics tersebut sempat mendapatkan kritik di beberapa negara, seperti India. Di negara itu, Facebook dianggap bersaing dengan tidak kompetitif oleh provider internet karena memberikan koneksi internet gratis.

Sebelumnya, Facebook juga telah mengerjakan proyek drone seukuran pesawat jumbo jet yang bisa memancarkan sinyal internet dari udara.

Inisiatif terbaru Facebook kali ini menggunakan teknologi satelit untuk memberikan akses internet murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk menghubungkan penduduk di wilayah terpencil, infrastruktur tradisional sulit untuk dibangun di sana. Karena itu, kami butuh teknologi baru," kata Zuckerberg, dikutip KompasTekno dari BBC, Selasa (6/10/2015).

Beberapa perusahaan penyedia internet di dunia telah memberikan koneksi internet dengan satelit. Namun, saat ini harganya masih mahal, terutama bagi penduduk di negara yang sedang berkembang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.