Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Foto Instagram, Remaja Jatuh dari Lantai 9

Kompas.com - 06/10/2015, 12:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Peribahasa itu langsung terlintas di ingatan ketika mendengar berita soal nasib tragis yang dialami Andrey R, seorang remaja berusia 17 tahun asal Rusia.

Dia jatuh dari ketinggian, tepatnya dari sebuah gedung berlantai 9, ketika hendak berfoto untuk diunggah ke Instagram.

Laporan PetaPixel yang dirangkum KompasTekno, Selasa (6/10/2015), menunjukkan bahwa Andrey memang dikenal gemar melakukan fotografi "rooftopping" alias kegiatan mengambil foto mendebarkan di tempat-tempat tinggi yang bisa membuat dengkul lemas.

Akun Instagramnya dipenuhi rangkaian gambar yang diambil di ketinggian, berupa atap gedung atau struktur lain yang menjulang tinggi di atas tanah. Foto-foto yang diunggah Andrey cukup banyak mendapatkan like dari para Instagramers.

Anak-anak muda di Rusia memang gemar melakukan rooftopping, tanpa alat pengaman yang memadai pula. Andrey sendiri dikenal biasa mendaki gedung di kota asalnya, Vologda, sekitar 450 km di utara Moskwa.

Sewaktu terjatuh pun, Andrey sedang berupaya menjepret foto di ketinggian dengan cara baru. Dia memasang tali tambang di tubuhnya dan berpura-pura terjun untuk mendapat foto yang dramatis.

Sayang, tali terputus dan tubuh Andrey meluncur deras menghantam tanah. Dia meninggal dua jam kemudian setelah sempat dilarikan ke rumah sakit.

Kegiatan selfie dalam situasi berbahaya seperti yang dilakukan Andrey belakangan menjadi sorotan karena banyak memakan korban jiwa.

Bahkan, sebuah statistik menunjukkan bahwa selfie lebih banyak menimbulkan kematian dibanding serangan ikan hiu.

Selain kasus Andrey, misalnya, pada tahun ini seorang turis Jepang dilaporkan tewas setelah mencoba selfie di monumen Taj Mahal, India. Ada juga seorang pria di Spanyol yang meninggal gara-gara mencoba berfoto narsis di depan seekor banteng yang mengamuk.

Di Rusia, persoalan selfie yang berbahaya ini sudah demikian menarik perhatian sehingga pihak pemerintah berinisiatif menyebar brosur mengenai panduan selfie yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com