Kompas.com - 07/10/2015, 12:43 WIB
Kantor pusat LG Innotek di Seoul, Korea Selatan. LG Innotek memproduksi perangkat MiFi 4G LTE untuk vendor seluler Smartfren. Deliusno/KOMPAS.comKantor pusat LG Innotek di Seoul, Korea Selatan. LG Innotek memproduksi perangkat MiFi 4G LTE untuk vendor seluler Smartfren.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
SEOUL, KOMPAS.com - LG selama ini dikenal sebagai perusahaan raksasa elektronik, termasuk smartphone dan TV. Siapa sangka, LG punya anak perusahaan yang memiliki inti bisnis manufaktur.

LG Group sendiri sebenarnya memiliki beberapa bisnis, di antaranya LG Electronics (berfokus menjual produk elektronik), LG Display (menjual panel layar), LG Mobile (menjual produk smartphone), dan LG Innotek. Nama terakhirlah yang memiliki peran bisnis manufaktur atau pabrik.

Menurut Yulian Ratmaji, Team Leader Marketing PT Innotek Indonesia, perusahaannya tersebut memang seringkali disalahartikan sebagai perusahaan LG lainnya.

"Iya, kami sering dikenal sebagai LG Electronics, padahal bukan," ujar Yulian kepada KompasTekno di Seoul, Korea Selatan, Rabu (7/10/2015).

LG Innotek pertama kali didirikan pada tahun 1970 di Korea Selatan. Pada tahun 1971, pabrik tersebut memproduksi produk pertamanya, yakni TV Tuner.

Dalam perkembangannya, LG Innotek berfokus terhadap empat inti bisnis, yakni Substrate & Material, Optics Solution, LED, dan Automotive components & Electronics.

Uniknya, hasil produksi dari perusahaan manufaktur asal Korea Selatan ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan perusahaan LG saja. Perangkat buatannya pun banyak digunakan di produk merek lain.

Sebagai contoh adalah modul kamera. Selain digunakan di smartphone milik LG, modul tersebut ternyata juga digunakan di iPhone buatan Apple.

Meski hanya menjadi perusahaan manufaktur, kinerja bisnis LG Innotek tidak bisa diremehkan. Revenue dari perusahaan tersebut diketahui mencapai 6,1 miliar dollar AS untuk tahun 2014 lalu.

LG Innotek mengklaim ada peningkatan atau pertumbuhan sebesar 20 persen setiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.