Kompas.com - 07/10/2015, 14:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Beberapa jam sebelum Microsoft menggelar acara peluncuran produk-produknya malam tadi, beredar rumor bahwa Google akan membawa aplikasi-aplikasinya ke platform Windows 10.

Kabar tersebut pertama kali terungkap lewat situs berbahasa Arab pada Selasa (6/10/2015), dan menyebar melalui situs diskusi Reddit.

Menurut situs tersebut, dukungan Google lebih fokus kepada layanan selain PC, karena pengguna Windows saat ini juga tetap bisa mengakses layanan Google berbasis web, seperti Google Docs dan Google Drive.

Dukungan Google dalam hal ini akan lebih kepada platform mobile Windows 10, karena di platform tersebut Microsoft baru memiliki sedikit sekali layanan Google.

Pengguna sistem operasi Windows Phone saat ini masih harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses layanan Google, seperti YouTube.

Microsoft juga belum memiliki aplikasi-aplikasi bawaan Google lainnya seperti platform messaging Hangout, Google Voice, atau Play Music.

Selama ini, tidak adanya layanan Google di Windows Phone dianggap menjadi kekurangan Microsoft, karena Google juga menganggap Windows Phone sebagai sistem operasi rival Android buatannya.

Jika rumor ini benar, maka besar kemungkinannya aplikasi Google di Windows 10 bisa dipakai di banyak perangkat.

Sebab, dikutip KompasTekno dari SlashGear, Rabu (7/10/2015), aplikasi Google yang dibuat untuk Windows 10 adalah berbasis platform Universal Windows App, yang artinya juga bisa berjalan di semua perangkat yang menjalankan Windows 10, mulai dari PC desktop/notebook, perangkat mobile (smartphone/tablet), hingga konsol game-nya Xbox One.

Langkah tersebut bisa mendorong pengguna untuk mengadopsi Windows 10, yang pada akhirnya jika jumlah pengguna makin banyak, bisa menarik minat developer untuk membuat aplikasi di eksositem tersebut.

Sejauh ini, rumor ini belum terbukti karena Microsoft sama sekali tidak menyinggung soal Google pada acara peluncuran produk baru yang digelar, Rabu (7/10/2015) dini hari tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reddit.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.