Kompas.com - 07/10/2015, 14:51 WIB
Logo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS. The VergeLogo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple baru saja mengakuisisi Perceptio, yaitu sebuah usaha rintisan digital yang bergerak dalam pengembangan kecerdasan buatan. Teknologi buatan startup itu diprediksi bakal berguna untuk mengembangkan pengelolaan data dalam ponsel buatannya.

Raksasa teknologi asal California itu sudah mengonfirmasi akuisisi tersebut. Namun mereka enggan mengatakan kesepakatan apa yang ada di baliknya.

"Apple sudah sering membeli perusahaan teknologi kecil dan kami biasanya tidak membuka diskusi soal tujuan atau rencana masa depan kami," ujar juru bicara mereka, Colin Johnson, seperti dinukil KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (7/10/2015).

Perceptio sendiri bergerak di pengembangan kecerdasan buatan khusus smartphone. Bila teknologi sejenis biasanya membutuhkan banyak input terkait data pengguna, teknologi buatan mereka justru dibuat agar bisa bekerja dengan data minimal.

Proyek pengembangan tersebut sesuai dengan sepesialisasi dua orang pemimpin startup itu, yaitu Nicolas Pinto dan Zak Stone. Mereka berdua membuat sebuah sistem image recognition memanfaatkan mekanisme deep learning.

Deep learning sendiri merupakan mekanisme kecerdasan buatan yang membuat komputer dapat mengenali dan mengklasifikasikan berbagai input dari sensor.

Tujuan akhir Perceptio adalah menciptakan sebuah kecerdasan buatan yang memiliki sisem klasifikasi gambar untuk disematkan dalam smartphone, serta tidak mengonsumsi banyak data eksternal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu cocok dengan niat Apple untuk mengurangi pengambilan data konsumennya dan berusaha memperkuat kemampuan pemrosesan data di dalam perangkat.

Bahkan sebelum akuisisi ini diumumkan, Apple diketahui telah mengakuisisi startup piranti lunak lain yang berhasil menciptakan teknologi serupa Siri. Selain mirip aplikasi asisten pribadi buatan Apple, piranti lunak tersebut juga sanggup berkomunikasi dalam percakapan yang lebih panjang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.