Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2015, 08:49 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat

SEOUL, KOMPAS.com - Saat ini, semua operator seluler di Indonesia sedang gencar-gencarnya memasarkan jaringan 4G LTE. Smartfren, yang praktis menjadi satu-satunya operator yang masih bertahan di pasar CDMA Indonesia, pun sudah mengalihkan fokusnya ke 4G LTE.

Akan tetapi, siapa sangka, teknologi jaringan CDMA yang lebih lawas itu, masih tetap diminati oleh pelanggan.

Hal tersebut diungkap oleh Roberto Saputra, Direktur Smartfren, di sela-sela kunjungan pabrik LG Innotek di Korea Selatan, Rabu (7/10/2015).

Roberto mengatakan, pihak Smartfren pun terkejut akan hal itu. "Terus terang, kita (Smartfren) masih ada aktivasi CDMA. Saya surprise juga peminat CDMA masih ada," ujar Roberto.

Lebih lanjut, Roberto menjelaskan bahwa pengguna layanan CDMA milik Smartfren masih tersebar di seluruh Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar dari pelanggan diketahui terletak di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Nasional masih ada. Saat ini, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) kontribusi nasional masih 40 persen. Itu masih besar," ungkap Roberto.

CDMA Dijaga Tetap Hidup

Meski sudah juga menggelar dan berfokus ke layanan 4G LTE, Smartfren dikatakan akan terus mempertahankan jaringan CDMA, selama masih ada penggunanya.

Namun di sisi lain, Smartfren tidak akan lagi melanjutkan ekspansi jaringan tersebut.

"CDMA memang akan kita maintain. Dalam arti kita tidak akan shutdown selama masih ada demand. Tapi memang kita akan stop ekspansi," bebernya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.