Kasir Hingga Tukang Cuci Piring, Awal Karir Bos Teknologi

Kompas.com - 08/10/2015, 09:10 WIB
Marissa Mayer, CEO Yahoo, sosok paling berpengaruh versi majalah Time. HUFFINGTON POSTMarissa Mayer, CEO Yahoo, sosok paling berpengaruh versi majalah Time.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sukses memang tak jatuh dari langit. Para kepala perusahaan teknologi yang kini memimpin bisnis raksasa pun harus merintis karir dari bawah, sama dengan orang lain.

Siapa saja mereka dan apa pekerjaan pertama yang mereka lakoni? Berikut ini daftar empat diantaranya, seperti dirangkum KompasTekno dari Nextren, Kamis (8/10/2015).

1. CEO Yahoo, Marissa Mayer

Business Insider CEO Yahoo Marissa Mayer
Perempuan berparas cantik yang menjadi bos Yahoo ini  pertama kali mencicipi dunia kerja saat berusia 16 tahun.  Ketika itu, Mayer menjadi kasir supermarket di kota Wausau, Winconsin.

"Banyak dari teman saya sesama kasir punya bertahun-tahun  pengalaman dan sangat berkomitmen terhadap pekerjaan mereka. Di sini saya melihat pentingnya etos kerja," kata Mayer.

Tak hanya itu, Mayer juga belajar mencermati bon tagihan untuk menghitung pengeluaran. Dia lantas mengatur semua bon di dompetnya supanya menghadap ke muka sehingga bisa langsung dilihat sewaktu dompet dibuka.

"Sampai sekarang saya merasa terganggu kalau ada bon yang terbalik di dompet," ujar dia.

2. Pendiri dan CEO Dell Inc, Michael Dell

Business Insider Michael Dell

Michael Dell mendirikan perusahaan Dell Inc. yang meraih sukses besar di masa kejayaan personal computer (PC).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lelaki asal Houston, Texas ini mengawali ketertarikannya di dunia komputer saat membeli dan membongkar sebuah komputer Apple generasi pertama.

Dell pertama bekerja pada usia yang sangat muda, 12 tahun, sebagai pencuci piring di sebuah restoran China. Dia ketika itu mencari uang untuk membiayai hobi koleksi perangko.

Saat kuliah, Dell menabung untuk membangun usaha penjualan komputer ke sesama teman kampus. Bisnis ini tumbuh pesat. Pada 1992, dalam waktu hanya 8 tahun setelah dimulai dari kamar asrama, Dell Inc. sudah menjelma jadi salah satu perusahaan top di daftar Fortune 500.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.