"Chat" WhatsApp Bisa Di-Backup di Google Drive

Kompas.com - 08/10/2015, 11:05 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Facebook dan Google akhirnya mencapai kesepakatan bersama. Layanan pesan instan WhatsApp yang dimiliki Facebook kini bisa disimpan-cadangkan (backup) di layanan cloud Google Drive.

Pengguna WhatsApp bakal bisa menyimpan percakapan, video, atau foto yang dikirim melalui WhatsApp ke Google Drive. Mereka juga bisa mengunduh kembali semuanya itu di perangkat yang berbeda dengan mudah.

Google mengumumkan kerja sama tersebut lewat blog Google Drive pada Rabu (7/10/2015). Dikutip KompasTekno, fitur backup di Google Drive ini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan. "Karena itu cek selalu menu Settings di WhatsApp," tulis Director of Product Management Google, Scott Johnston.

Pantauan KompasTekno, fitur backup tersebut sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.12.303 yang tersedia di http://www.whatsapp.com/android. Namun, WhatsApp terbaru, versi 2.12.304 yang baru dirilis di Play Store, Rabu pagi ini, kembali menghilangkan fitur tersebut.

Selama ini, WhatsApp memang sudah menyediakan fitur backup, namun data tersebut disimpan di dalam penyimpanan internal smartphone. Lebih lanjut, pengguna yang login di perangkat yang berbeda tidak bisa mengakses percakapan sebelumnya.

Pengumuman yang ditulis Google di blog-nya itu tidak menyebutkan secara rinci, apakah WhatsApp untuk iOS juga akan mendapatkan fitur yang serupa atau tidak. Begitu juga untuk sistem operasi lain seperti Windows Phone dan BlackBerry.

Sebelumnya, fitur backup data di Google Drive ini diketahui oleh pengguna WhatsApp sering datang dan pergi. Ternyata fitur tersebut saat itu sedang dalam masa percobaan. Kini, fitur tersebut secara resmi telah diumumkan oleh Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.