Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Chat" WhatsApp Bisa Di-Backup di Google Drive

Kompas.com - 08/10/2015, 11:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook dan Google akhirnya mencapai kesepakatan bersama. Layanan pesan instan WhatsApp yang dimiliki Facebook kini bisa disimpan-cadangkan (backup) di layanan cloud Google Drive.

Pengguna WhatsApp bakal bisa menyimpan percakapan, video, atau foto yang dikirim melalui WhatsApp ke Google Drive. Mereka juga bisa mengunduh kembali semuanya itu di perangkat yang berbeda dengan mudah.

Google mengumumkan kerja sama tersebut lewat blog Google Drive pada Rabu (7/10/2015). Dikutip KompasTekno, fitur backup di Google Drive ini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan. "Karena itu cek selalu menu Settings di WhatsApp," tulis Director of Product Management Google, Scott Johnston.

Pantauan KompasTekno, fitur backup tersebut sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.12.303 yang tersedia di http://www.whatsapp.com/android. Namun, WhatsApp terbaru, versi 2.12.304 yang baru dirilis di Play Store, Rabu pagi ini, kembali menghilangkan fitur tersebut.

Selama ini, WhatsApp memang sudah menyediakan fitur backup, namun data tersebut disimpan di dalam penyimpanan internal smartphone. Lebih lanjut, pengguna yang login di perangkat yang berbeda tidak bisa mengakses percakapan sebelumnya.

Pengumuman yang ditulis Google di blog-nya itu tidak menyebutkan secara rinci, apakah WhatsApp untuk iOS juga akan mendapatkan fitur yang serupa atau tidak. Begitu juga untuk sistem operasi lain seperti Windows Phone dan BlackBerry.

Sebelumnya, fitur backup data di Google Drive ini diketahui oleh pengguna WhatsApp sering datang dan pergi. Ternyata fitur tersebut saat itu sedang dalam masa percobaan. Kini, fitur tersebut secara resmi telah diumumkan oleh Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com