Periscope Bisa Dipakai "Unboxing" dan Laporan Warga

Kompas.com - 09/10/2015, 14:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah Vine dan Snapchat, kini Periscope turut meramaikan jejeran media sosial berbasis video. Layanan live-streaming di bawah naungan Twitter ini ramai diperbincangkan setelah beberapa artis papan atas menggunakannya.

Pun begitu, masih banyak yang menganggap Periscope semata-mata berfungsi untuk mengintip keseharian para artis secara live. Padahal, ada banyak fungsi lain yang bisa dimanfaatkan.

Menurut Country Business Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong, setidaknya ada empat fungsi lain dari Periscope yang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut.

1. Product unboxing (membuka bingkisan produk)

Ketika ada produk keluaran terbaru, semisal smartphone atau wearable, netizen kerap membuat video unboxing untuk kemudian dibagi di YouTube.

Sering pula dibuat serial foto yang memperlihatkan seluk-beluk kemasan dan apa saja aksesori-aksesori yang menyertai produk.

Semua itu dilakukan untuk satu hal: membagi informasi dan pengalaman pertama memperoleh sebuah produk yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya.

Nah, dengan Periscope, tak perlu lagi mengunggah video setelah merekam, atau menggungah foto setelah membidik. Penayangan unboxing akan terjadi real-time sehingga semuanya bakal terlihat lebih apa adanya.

Tak ada pengulangan pembidikan gambar dan tak ada pengulangan rekaman. Dengan begitu, unsur "pengalaman pertama membuka suatu produk" akan lebih terasa emosinya ke penonton.

2. Product launching (perilisan produk)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.