Kompas.com - 09/10/2015, 15:14 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lembaga American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan pernyataan bahwa anak-anak bisa aman dari dampak negatif meski lama bermain dengan gadget atau menonton TV, asal tetap ada aturannya.

Pernyataan tersebut bertentangan dengan pernyataan AAP sebelumnya yang menyatakan layar televisi dan media baru termasuk ponsel, tablet dan jejaring sosial berbahaya bagi anak-anak.

Efek negatif media-media tersebut memang ada dan diakui oleh AAP, namun mereka juga mengingatkan bahwa efek positif bermain dengan gadget atau menonton televisi itu juga ada.

Menonton televisi berlama-lama memang tidak baik bagi anak-anak, namun mereka juga tidak bisa dilarang bermain game di smartphone atau tablet, Skype-an dengan kakek-nenek mereka, atau berkomunikasi dengan teman-temannya.

Dikutip KompasTekno dari Nextren, Jumat (9/10/2015), AAP saat ini masih menggodok panduan bagi dokter anak dan orang tua, tentang bagaimana seharusnya aturan screen time (waktu yang dihabiskan untuk menatap layar) diberlakukan bagi anak-anak.

Beberapa panduan tersebut termasuk berlakunya aturan yang sama bagi anak-anak baik di dunia nyata maupun virtual, seperti memberikan batasan lama bermain.

Selain itu, konten yang dikonsumsi oleh anak-anak juga harus diperhatikan. AAP mengatakan kualitas konten lebih penting dibandingkan platform yang dipakai atau waktu yang dihabiskan dengan media tersebut.

AAP juga mengatakan hubungan yang dijalin lewat media online juga merupakan bagian dari proses pendewasaan.

"Media sosial bisa mendukung pembentukan identitas seseorang, namun orang tua harus mengajarkan cara berperilaku yang baik dalam dunia nyata maupun online," demikian pernyataan AAP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.