Android Bakal Punya Fitur 3D Touch ala iPhone 6s

Kompas.com - 10/10/2015, 08:22 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Perusahaan spesialis antarmuka (interface), Synaptics membuat layar sentuh untuk smartphone Android yang sensitif terhadap tekanan, diberi nama ClearPad 3700.

Dengan layar tersebut, model-model smartphoneAndroid yang akan datang bisa memiliki fitur layaknya "3D Touch" yang dimiliki oleh iPhone 6s dan 6s Plus buatan Apple yang baru diluncurkan pada September lalu.

Dikutip KompasTekno dari 9to5 Google, Jumat (9/10/2015), layar sentuh ClearPad 3700 tersebut bakal mulai dipasang di smartphone Android keluaran tahun 2016.

"Teknologi human interface untuk smartphone yang kelihatannya masih di awang-awang secepatnya akan banyak tersedia, ini bisa membantu pengguna lebih produktif," ujar Kevin Barber, Senior Vice President Synaptics.

Teknologi layar sensitif sentuhan layaknya 3D Touch di iPhone 6s serupa dengan Force Touch pada Apple Watch. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna menekan, menggulir, dan memijit layar untuk fungsi berbeda berdasarkan intensitas sentuhan.

Saat menekan dengan kekuatan ringan, fungsi yang dimunculkan akan berbeda dengan menekan kuat. Pun kala pengguna hendak menekan lama. Fungsi yang ditampilkan akan berbeda pula.

Sesuai namanya, 3D Touch memungkinkan pengguna menyentuh layar dari berbagai sisi (multitouch). Pengguna juga bisa mengimplementasikan gestur "klik kanan" pada mouse di desktop, ke iPhone 6s dan 6s Plus.

Kini, fungsi-fungsi yang menyerupai 3D Touch tersebut bakal tersedia juga di ponsel-ponsel Android di tahun 2016 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.