Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar Naik, Komputer Mac Turun

Kompas.com - 11/10/2015, 16:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan perangkat komputer Apple Mac berada di titik terendah dalam periode dua tahun terakhir. Hal tersebut diungkap dalam laporan firma riset Gartner dan International Data Corp (IDC) pada Kamis (8/10/2015) lalu.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, pengapalan Mac menurut IDC menciut 3,4 persen secara year-on-year di kuartal ketiga tahun ini. Sementara Gartner melaporkan penurunan sebesar 1,5 persen.

Tahun ini, Apple diperkirakan mengapalkan 5,6 juta unit komputer Mac menurut Gartner. Sementara versi IDC menyebut pengapalan Mac mencapai 5,3 juta unit.

Keduanya mencatat jumlah pengapalan tersebut menjadi pertumbuhan terendah penjualan komputer Apple sejak kuartal ketiga 2013 lalu.

Meski demikian, Apple tetap menjadi pemasok PC terbesar di pasar PC secara keseluruhan yang penjualannya terjun hingga 11 persen menjadi hanya 71 juta unit di kuartal ketiga tahun 2015 ini.

Karena pabrikan komputer lain mengalami penurunan, maka raihan pangsa pasar Apple Mac kian besar menjadi 7,6 persen dibanidngkan 6,9 persen di kuartal yang sama tahun lalu menurut Gartner.

"Penjualan Mac yang lesu dipicu oleh nilai Dollar AS yang menguat, sehingga membuat harga komputer di luar AS menjadi lebih mahal," ujar Jay Chou, analis di IDC.

Apple juga terkena imbas pelemahan pasar di Jepang dan Eropa. Laporan lebih lengkap dari penjualan Mac akan diumumkan Apple pada 27 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com