Kompas.com - 11/10/2015, 16:03 WIB
Komputer bersistem operasi Mac dari Apple Aditya Panji/KompasTeknoKomputer bersistem operasi Mac dari Apple
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Penjualan perangkat komputer Apple Mac berada di titik terendah dalam periode dua tahun terakhir. Hal tersebut diungkap dalam laporan firma riset Gartner dan International Data Corp (IDC) pada Kamis (8/10/2015) lalu.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, pengapalan Mac menurut IDC menciut 3,4 persen secara year-on-year di kuartal ketiga tahun ini. Sementara Gartner melaporkan penurunan sebesar 1,5 persen.

Tahun ini, Apple diperkirakan mengapalkan 5,6 juta unit komputer Mac menurut Gartner. Sementara versi IDC menyebut pengapalan Mac mencapai 5,3 juta unit.

Keduanya mencatat jumlah pengapalan tersebut menjadi pertumbuhan terendah penjualan komputer Apple sejak kuartal ketiga 2013 lalu.

Meski demikian, Apple tetap menjadi pemasok PC terbesar di pasar PC secara keseluruhan yang penjualannya terjun hingga 11 persen menjadi hanya 71 juta unit di kuartal ketiga tahun 2015 ini.

Karena pabrikan komputer lain mengalami penurunan, maka raihan pangsa pasar Apple Mac kian besar menjadi 7,6 persen dibanidngkan 6,9 persen di kuartal yang sama tahun lalu menurut Gartner.

"Penjualan Mac yang lesu dipicu oleh nilai Dollar AS yang menguat, sehingga membuat harga komputer di luar AS menjadi lebih mahal," ujar Jay Chou, analis di IDC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple juga terkena imbas pelemahan pasar di Jepang dan Eropa. Laporan lebih lengkap dari penjualan Mac akan diumumkan Apple pada 27 Oktober mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.