Kompas.com - 12/10/2015, 13:11 WIB
ilustrasi inernet 5G mobilegeeksilustrasi inernet 5G
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Akhirnya uji coba teknologi 5G tidak lagi sebatas dalam laboratorium saja. Huawei dan NTT Docomo membawa uji coba tersebut ke dunia nyata dan berhasil menyalakan internet berkecepatan 3,6 Gbps.

Uji coba tersebut mereka lalukan di Jepang menggunakan frekuensi 6 GHz. Karena memang dilakukan di luar laboratorium, hasilnya menunjukkan bahwa kecepatan 5G itu bisa benar-benar diimplementasikan.

"Sebagai uji coba dalam lingkungan besar yang pertama kali sukses di dunia, ini merupakan catatan penting. Hal seperti ini benar-benar mendorong semangat, seiring industri mulai bersiap menerapkan 5G pada 2020," komentar Vice President of 5G NTT Docomo Takehiro Nakamura.

Selain Huawei dan NTT Docomo, sebelumnya juga sudah ada beberapa uji coba 5G yang dilakukan. Bedanya, uji coba tersebut diselenggarakan dalam laboratorium.

Salah satunya adalah Nokia dan Samsung yang membuat infrastruktur baru untuk bisa mencapai teknologi jaringan 5G. Ada juga Verizon yang mengatakan akan mulai mengembangkannya secara komersil pada 2017.

Verizon sudah mengumumkan bahwa tahun depan mereka akan mulai melakukan uji lapangan terkait 5G. Untuk menuju ke sana, mereka bekerja sama dengan Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcom dan Samsung.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (11/10/2015), menurut International Telecommunication Union (ITU), kecepatan 5G mesti mencapai 20 Gbps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu dapat dibayangkan severti ini, bila kecepatan 33 Mbps membutuhkan beberapa menit untuk mengunduh film, teknologi 5G bisa melakukannya dalam satu kedipan mata. Namun hal itu masih secara teori saja karena saat implementasi di dunia nyata biasanya ada faktor lain yang berpengaruh.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.