Pakai Ini, Siapa Pun Bisa Bikin "Wearable"

Kompas.com - 12/10/2015, 14:06 WIB
Starter Kit untuk permudah implementasi Internet of Things Fatimah Kartini BohangStarter Kit untuk permudah implementasi Internet of Things
|
EditorWicak Hidayat

LAS VEGAS, KOMPAS.com - MediaTek Labs meluncurkan paket hardware khusus untuk mempermudah pengembang pemula menciptakan produk "Internet of Things". Bertajuk "Starter Kit", paket tersebut terdiri dari papan (board) LinkIt One, beberapa sensor Grove dan layanan cloud dari Amazon Web Services (AWS).

Bagi yang belum tahu, LinkIt One merupakan papan wireless dengan akses terbuka dan performa tinggi untuk membuat prototipe perangkat IoT, misalnya wearable. Sementara Grove merupakan sensor yang dikembangkan Seeed Studio.

"Alat ini merupakan one stop solution untuk membantu siapa pun mewujudkan idenya atas produk IoT. Tak harus pengembang profesional, siapa pun bisa. Apa pun yang dibutuhkan ada di alat ini," kata Vice President MediaTek Marc Nadell, Kamis (8/10/2015), dalam rangkaian konferensi "AWS Re:Invent 2015", Las Vegas, AS.

Dalam hal ini, AWS mengakomodir layanan cloud beserta manajemennya untuk jaminan keamanan, stabilitas dan fleksibilitas produksi IoT. Karena menyasar pasar yang luas, kata Nadell, kemasan Starter Kit sengaja dibuat ramah konsumen. 

"Kemasannya kami rancang agar menarik minat semua orang berperan dalam implementasi IoT. Kami percaya inovasi tak hanya datang dari mereka yang memang sudah biasa dengan pengembangan produk teknologi," kata dia.

Untuk spesifikasi lebih lengkap, beberapa jenis sensor Grove yang terpatri pada Starter Kit antara lain akselerometer digital 3-axis, sensor suara, sensor cahaya, sensor sentuhan dan sensor temperatur. Adapula Grove Base Shield, LED dan tampilan OLED 1,12 inci untuk mendukung sensor.

Sementara itu, layanan cloud yang tersedia adalah "AWS IoT", yakni fitur teranyar yang diluncurkan AWS pada kesempatan yang sama. AWS IoT memungkinkan komunikasi langsung antara sensor, perangkat, aplikasi, dan database melalui MQTT dan HTTP.

Alat ini dijual global melalui beberapa gerai online. Harganya dibanderol 69,9 dollar AS atau setara Rp 937.000-an.

Setelah mengantungi Starter Kit, pengembang pemula akan diberikan arahan untuk menjalankan tahapan-tahapan produksi perangkat IoT.

Diketahui, MediaTek Labs merupakan inisiasi dari perusahaan semikonduktor MediaTek, dalam rangka membangun ekosistem IoT. MediaTek Labs memberikan bimbingan gratis kepada siapa pun yang ingin membuat perangkat IoT.

"Siapa pun bisa mengajukan idenya lewat situs kami. Setelah itu kami akan memilih orang-orang yang akan kami bantu mengimplementasikan idenya dengan didukung semikonduktor MediaTek," kata Nadell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.