Kompas.com - 12/10/2015, 15:20 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat laptop Microsoft yang baru saja diperkenalkan, Surface Book mendapat sambutan yang antusias setelah Microsoft resmi mengumumkannya pada minggu lalu.

Banyak yang tertarik dengan fitur dan spesifikasinya yang diklaim oleh Microsoft lebih kencang dari MacBook Pro.

Namun, kabar apakah Surface Book akan dipasarkan di Indonesia masih belum jelas. Bisa saja Microsoft tidak memasarkannya di Indonesia seperti tablet 2-in-1 Surface Pro sebelum-sebelumnya.

Nah, nasib Surface Book di Indonesia akan ditentukan oleh Microsoft pada November nanti. Hal tersebut diungkapkan oleh Head of Business Group Microsoft, Luky Gani saat dijumpai KompasTekno pada Jumat (9/10/2015) lalu.

"Makanya nanti November baru diputuskan, produk-produk apa saja yang akan dibawa Microsoft ke Indonesia," ujar Luky di sela peluncuran tablet Axioo WinDroid di Jakarta.

Pada awal November tersebut Microsoft akan menggelar acara yang mengundang perwakilan-perwakilan Microsoft di berbagai negara, memamerkan produk-produk yang baru diluncurkan, termasuk laptop Surface Book dan smartphone Lumia 950.

Menurut Luky, berdasar riset yang dilakukan Microsoft Indonesia, perangkat-perangkat 2-in-1 seperti Surface Book kini kian diminati oleh pengguna di Indonesia. Perangkat seperti itu juga dikatakannya bisa mendongkrak adopsi OS terbaru Microsoft, Windows 10.

Surface Book adalah laptop yang memiliki fitur layar sentuh 13,5 inci dengan prosesor grafis Nvidia (opsional) dan diklaim memiliki daya tahan baterai 12 jam.

Bedanya dari MacBook Pro, layar Surface Book bisa dilepas dan bisa menjadi perangkat tablet. Microsoft bahkan menyediakan stylus (pena) khusus untuk bekerja dengan Surface Book.

Dikutip KompasTekno dari LaptopMag, Rabu (7/10/2015), Surface Book dirancang sebagai laptop yang kencang, bahkan Microsoft mengklaim Surface Book yang mengusung prosesor Core i5 atau Core i7 memiliki kecepatan dua kali lipat dari MacBook Pro.

Laptop akan tersedia dalam lima konfigurasi, harganya berkisar antara 1.499 dollar AS hingga 2.699 dollar AS.

Konfigurasi dasarnya terdiri atas prosesor Intel Core i5, RAM 8 GB, dan SSD 128 GB. Sementara konfigurasi terunggulnya menggunakan prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB, SSD 512 GB, dan prosesor grafis Nvidia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.