Kompas.com - 12/10/2015, 16:15 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Blackberry punya PR penting yang mesti diselesaikan untuk bisa mendapatkan untung dari bisnis ponsel, yaitu mereka mesti menjual minimal 5 juta ponsel per tahun.

Chief Executive Officer Blackberry John Chen mengatakan angka tersebut menjadi target yang harus mereka penuhi mulai tahun ini. Bila gagal, bisa saja perusahaan asal Kanada itu berhenti berjualan ponsel.

Menjual 5 juta ponsel per tahun kelihatan sebagai target yang kecil bagi perusahaan seperti Samsung atau Apple. Sedangkan bagi Blackberry, angka tersebut adalah yang paling dekat dan mesti dijangkau agar bisa menyelamatkan bisnis ponselnya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (11/10/2015), angka penjualan mereka pada kuartal terakhir tercatat hanya 800 ribu ponsel. Harapan mereka untuk mendongkrak angka tersebut kini bertumpu pada Blackberry Priv yang akan meluncur sebelum 2015 habis.

Blackberry Priv adalah satu-satunya ponsel buatan mereka yang menggunakan sistem operasi Android, bukan BB10. Kendati demikian, mereka tetap menyelipkan teknologi keamanan khasnya.

Menurut Chen, teknologi keamanan di Priv saat ini masih setingkat dengan Samsung Knox. Namun Blackberry Android itu dibekali tambahan kelebihan seperti baterai dan antena yang lebih bagus, keyboard fisik serta spesifikasi high end lainnya.

Meskipun sudah memiliki Priv, Chen tidak mengatakan bahwa mereka akan berhenti memproduksi ponsel bersistem operasi BB10. Ponsel tersebut hingga kini masih laku di kalangan yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi, seperti pemerintah atau rumah sakit.

Blackberry akan tetap mendukung pembaruan piranti lunak untuk ponsel lawasnya, tapi sebagai gantinya mereka tidak akan sering-sering merilis ponsel baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.