Baterai iPhone 6s Loyo Gara-gara Samsung?

Kompas.com - 12/10/2015, 19:42 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Para pengguna smartphone terbaru Apple, iPhone 6s melaporkan baterai perangkat tersebut yang cepat habis. Samsung bisa menjadi pihak yang disalahkan atas performa baterai yang loyo itu.

Dikutip KompasTekno dari Android Origin, Senin (12/10/2015), chip yang diproduksi Samsung untuk peranti iphone 6s disinyalir memiliki desain yang cacat, sehingga menguras daya baterai smartphone tersebut.

Seperti diketahui, Samsung memang menjadi salah satu pemasok chipset untuk peranti iPhone 6s. Samsung menyediakan chipset A9 yang dicurigai menyebabkan baterai iPhone 6s cepat habis. Pabrikan lain yang emmasok chipset untuk iPhone 6s adalah TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturer Company).

Android Origin telah melakukan serangkaian pengujian, membandingkan kinerja baterai iPhone 6s yang menggunakan chipset Samsung dan chipset buatan TSMC.

Dalam uji Geekbench, iPhone 6s dengan chipset Samsung mencatatkan daya umur baterai lebih pendek, yaitu 6 jam 5 menit dan skjor 3653.

Sementara iPhone 6s yang menggunakan chipset lain mencatat waktu daya tahan baterai satu jam lebih lama, yaitu 7 jam 5 menit dengan skor 4703.

Samsung sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi atas kabar cacat desain dalam chipsetnya tersebut.

Selain kendala baterai, para pengguna iPhone 6s juga melaporkan sejumlah kendala, seperti layar 3D Touch, kendala konektivitas, kendala panas di tombol Home dan masih banyak lagi.

Kebanyakan akar dari masalah di atas adalah sistem operasi iOS 9 yang masih belum stabil berjalan di iPhone 6s atau ada kendala bug.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.