Kompas.com - 13/10/2015, 07:49 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Perusahaan rintisan digital (startup) saat ini semakin diminati masyarakat, khususnya anak-anak muda. Tren itu hadir seiring berkembangnya teknologi sebagai penunjang kebutuhan.  

Kehadiran startup yang kini semakin populer di kalangan masyarakat urban tentu cukup mendukung pergerakan ekonomi Indonesia. Hal itu terlihat dari rangkaian acara pengembangan industri digital IDByte 2015, sepeti dikutip dari KOMPAS Tekno bulan lalu.

IDByte memboyong startup lokal dari masing-masing kota dan memilih yang terbaik untuk diberi kesempatan berkunjung ke Silicon Valley. Kesempatan itu memotivasi para anak muda agar terus membangun dan mengembangkan startup milik mereka.  

Karena itulah, startup yang dibangun dengan penuh kreativitas akan cukup membantu ketika menyesuaikan pada tren kekinian. Berikut beberapa startup yang sukses ketika ide bisnis bersinergi dengan teknologi masa kini:

StartUp berbasis e-Commerce

Tren e-commerce kini semakin mewabah di Indonesia. Hal itu mendorong para anak muda untuk terjun membangun startup berbasis layanan belanja online. Adanya situs tersebut mempermudah mereka terkoneksi sebagai penjual ataupun pembeli. 

Tak heran, membangun startup berbasis e-commerce telah menjadi pilihan menarik bagi anak-anak muda itu. Mereka tak perlu repot mencari atau membeli produk karena semuanya cukup mudah diakses melalui device di tangan mereka. Beberapa situs itu diantaranya Tokopedia.com, Tiket.com atau Traveloka yang memberikan kemudahan transaksi di setiap kebutuhan.

Self publishing online

Potensi lain yang bisa dijadikan ide membangun startup adalah kebutuhan terhadap informasi dan hiburan melalui buku. Ide kreatif ini telah melahirkan suatu bentuk bisnis baru, yaitu self publishing atau penerbit buku online.

Memang, self publishing belum terlalu populer di kalangan para penulis ataupun pembaca. Namun, jika tertarik untuk merintisnya, peluang bisnis ini cukup seksi dijalankan oleh anak-anak muda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.