Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INFRASTRUKTUR

Percuma Bangun StartUp Besar kalau "Server"-nya "Lemot"!

Kompas.com - 13/10/2015, 07:49 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan rintisan digital (startup) saat ini semakin diminati masyarakat, khususnya anak-anak muda. Tren itu hadir seiring berkembangnya teknologi sebagai penunjang kebutuhan.  

Kehadiran startup yang kini semakin populer di kalangan masyarakat urban tentu cukup mendukung pergerakan ekonomi Indonesia. Hal itu terlihat dari rangkaian acara pengembangan industri digital IDByte 2015, sepeti dikutip dari KOMPAS Tekno bulan lalu.

IDByte memboyong startup lokal dari masing-masing kota dan memilih yang terbaik untuk diberi kesempatan berkunjung ke Silicon Valley. Kesempatan itu memotivasi para anak muda agar terus membangun dan mengembangkan startup milik mereka.  

Karena itulah, startup yang dibangun dengan penuh kreativitas akan cukup membantu ketika menyesuaikan pada tren kekinian. Berikut beberapa startup yang sukses ketika ide bisnis bersinergi dengan teknologi masa kini:

StartUp berbasis e-Commerce

Tren e-commerce kini semakin mewabah di Indonesia. Hal itu mendorong para anak muda untuk terjun membangun startup berbasis layanan belanja online. Adanya situs tersebut mempermudah mereka terkoneksi sebagai penjual ataupun pembeli. 

Tak heran, membangun startup berbasis e-commerce telah menjadi pilihan menarik bagi anak-anak muda itu. Mereka tak perlu repot mencari atau membeli produk karena semuanya cukup mudah diakses melalui device di tangan mereka. Beberapa situs itu diantaranya Tokopedia.com, Tiket.com atau Traveloka yang memberikan kemudahan transaksi di setiap kebutuhan.

Self publishing online

Potensi lain yang bisa dijadikan ide membangun startup adalah kebutuhan terhadap informasi dan hiburan melalui buku. Ide kreatif ini telah melahirkan suatu bentuk bisnis baru, yaitu self publishing atau penerbit buku online.

Memang, self publishing belum terlalu populer di kalangan para penulis ataupun pembaca. Namun, jika tertarik untuk merintisnya, peluang bisnis ini cukup seksi dijalankan oleh anak-anak muda.

Hingga saat ini self publishing online masih tergolong sepi peminat. Salah satu yang sukses adalah Nulisbuku.com. Aulia Ollie Halimatussaida sebagai founder situs tersebut memliki keinginan membantu para penulis untuk menerbitkan bukunya.

Ride sharing

Memesan moda transportasi ojek sepeda motor hingga taksi mudah digunakan ketika menggunakan aplikasi ini. Selain simpel, aplikasi berbasis Android dan IOS tersebut memudahkan para penggunanya untuk mencari transportasi ojek atau taksi.

Kehadirnya beberapa startup berbasis jasa transportasi online saat ini memang sangat populer di kalangan masyarakat kota besar di Indonesia. Dengan bersinergi antara jasa transportasi dan teknologi, para pebisnis ini telah memberikan solusi baru untuk berbisnis.

Ya, tak perlu lama untuk membuka aplikasi, misalnya Gojek, GrabBike, atau TaxiJek. Begitu pesan masuk, transportasi pesanan Anda segera menjemput di lokasi Anda berada. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com