Kompas.com - 13/10/2015, 14:27 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Facebook tampaknya menyesal pernah "bergabung" ke pasar smartphone. penyedia layanan jejaring sosial pun ini sudah enggan untuk merilis kembali produk ponsel pintar.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh David Marcus, Vice President Messaging Products Facebook, dalam konferensi Code Mobile.

Menurut Marcus, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Selasa (13/10/2015), Facebook kemungkinan tidak akan merilis smartphone baru lagi, seperti yang pernah dilakukan pada dua tahun yang lalu.

Tidak jelas, apakah kata "mungkin" dalam pernyataannya masih membuka peluang Facebook untuk kembali merilis smartphone atau tidak. Namun, mengingat kiprah Facebook yang tak mentereng di ranah tersebut, kecil peluang perusahaan ini membuat perangkat baru lagi.

Tanpa smartphone sendiri sekalipun, Facebook sebenarnya mendominasi dunia mobile.

Dengan aplikasi besar seperti Messenger, WhatsApp, dan Instagram, masih menurut Marcus, Facebook sudah berhasil menguasai 25 persen aplikasi yang paling banyak digunakan dalam satu perangkat.

Perdana yang gagal

Upaya Facebook memasuki ranah smartphone bermula pada tahun 2013 lalu melalui kemitraan dengan HTC. Kedua perusahaan merilis merilis First, smartphone pertama yang datang khusus dengan aplikasi Facebook Home dan segala macam fitur khusus Facebook.

Smartphone yang bersangkutan dirilis untuk pasar kelas menengah, dengan layar 4,3 inci, prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 400, dan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

HTC First dijual dengan harga yang relatif terjangkau, bahkan untuk ukuran 2 tahun lalu. Banderolnya hanya 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta dengan kontrak operator selama 2 tahun.

Sayang, debut perdana dari Facebook ini kurang mendapat respon yang baik dari pasar. Harga kontrak HTC First terpaksa dipangkas hingga menjadi 99 sen dollar AS atau sekitar Rp 14.000 saja, hanya dalam waktu sebulan setelah kemunculannya di AS.

Meski telah dihargai murah, HTC First tak kunjung diminati pembeli hingga kemudian Facebook urung membuat ponsel lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.