Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2015, 07:32 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Emoji semakin mumpuni menggantikan teks untuk komunikasi maya. Sebab tiap tahun jenisnya makin kaya dengan makna yang beragam.

Tahun ini Unicode Consortium kembali mempublikasikan kandidat emoji baru untuk diluncurkan tahun 2016. Kandidat emoji itu dianggap mampu memenuhi kebutuhan komunikasi netizen.

Dilansir KompasTekno, Senin (12/10/2015) dari Arstechnica, setidaknya ada 67 kandidat yang tertera. Emoji "selfie" menjadi salah satu kandidat kuat untuk direalisasikan tahun depan.

Bersamaan dengan itu, ada pula emoji "lying face" (wajah berbohong), "shrug face" (ekspresi wajah sambil mengangkat bahu), "pregnant woman" (perempuan hamil) dan "dancing man" (lelaki berdansa).

Untuk kategori makanan dan minuman, Unicode menambah beberapa pilihan. Kandidatnya antara lain tumbler yang berisi whiskey, alpukat, dan croissant.

Walau Unicode 9.0 bakal melengkapi cara netizen berekspresi secara virtual, pembaruannya dinilai tak sebesar Unicode 8.0 yang diluncurkan tahun ini.

Diketahui, Unicode 8.0 menyematkan pilihan warna kulit untuk tiap emoji yang menggambarkan ekspresi manusia. Hal tersebut dianggap sebagai penghormatan atas keragaman manusia.

Paket emoji untuk Unicode 9.0 dijadwalkan rilis pada Juni tahun depan. Pun begitu, Unicode Consortium tak ingin berjanji.

"Proses seleksi bisa memakan waktu yang sangat lama, bahkan ketika perusahaan-perusahaan besar dilibatkan. Juni nanti kami berencana, tapi belum tentu akan sesuai jadwal," kata perwakilan Unicode Consortium.

Untuk kandidat emoji lengkap yang mungkin bakal terpampang di ponselmu, bisa dicek di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.