Kompas.com - 14/10/2015, 09:28 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Penyedia layanan pesan instan asal Jepang, Line, menambahkan fitur keamanan berupa enkripsi percakapan end-to-end yang diberi nama "Letter Sealing".

Fitur keamanan tersebut, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (13/10/2015), akan mengenkripsi pesan dan fitur dalam layannya, mulai dari percakapan antar-pengguna hingga fitur berbagi lokasi, baik di versi desktop maupun mobile.

"Metode komunikasi yang aman ini mengacak konten percakapan dengan sebuah kunci yang hanya tersimpan di perangkat pengguna, bukan terpusat di server," demikian penjelasan resmi dari Line.

"Dengan keamanan seperti itu, secara teknis akan sulit untuk melihat percakapan di server atau di pihak ketiga," imbuh Line.

Fitur keamanan tersebut baru bekerja jika kedua pihak mengaktifkan enkripsi tersebut secara manual. Adapun setting enkripsi tadi terdapat di dalam Menu.

Ke depannya, Line berencana untuk membuat fitur enkripsi tersebut menjadi default untuk semua pengguna.

Selain Line, penyedia layanan pesan instan yang telah memberikan fitur enkripsi end-to-end antara lain adalah WhatsApp dan Telegram.

Line memang sempat merilis pilihan percakapan terenkripsi tahun lalu, tetapi mengharuskan pengguna membuka jendela percakapan baru dan kurang banyak dipakai.

Jumlah pengguna aktif Line sendiri menurut mereka saat ini mencapai 211 juta orang di seluruh negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.