Menkominfo Ketemu Ahok, Bahas CCTV

Kompas.com - 14/10/2015, 16:16 WIB
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai membuka acara workshop connecting delta cities, di Balai Kota, Selasa (13/10/2015) Kompas.com/Alsadad RudiMenteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama usai membuka acara workshop connecting delta cities, di Balai Kota, Selasa (13/10/2015)
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara melanjutkan pembahasan mengenai konsep smart city atau kota pintar dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Saat ditemui KompasTekno di Gedung Kemenkominfo, Selasa (13/10/2015) sore, dia menceritakan bahwa Ahok menanyakan perihal coverage 4G LTE di Jakarta. Pasalnya teknologi internet cepat tersebut bakal bermanfaat dalam pengembangan konsep kota pintar.

Misanya untuk menghubungkan closed circuit television (CCTV) di berbagai ruang publik, seperti taman atau lainnya, dengan pusat pengawasan. Kamera seperti ini dinilai bakal berguna untuk membantu kinerja pengamanan hingga masalah mengantisipasi kemacetan di jalan raya.

"Tadi saya bicara dengan Ahok mengenai 4G LTE. Saya bilang nanti akhir tahun sudah tercover semua. Dia minta untuk mengembangkan smart city," ujar Chief RA, sapaan akrabnya.

"Ini untuk menempatkan CCTV di mana-mana, jadi bukan hanya sekadar taman, tapi tempat berkumpulnya katakanlah masyarakat agar dirasa aman. Makanya dari sisi ICT-nya mau diberdayakan di ruang publik," imbuhnya.

Sebelumnya, Ahok berharap pada 2016 nanti sudah ada sekitar 6.000 hingga 10.000 CCTV yang terpasang di seluruh wilayah Jakarta. Kamera pengintai tersebut bakal terhubung dengan sebuah command center yang dibuat bersama Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Ahok Wajibkan Provider Pasang 6.000 CCTV di JakartaDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.