Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Bekraf: Mobile Internet, Akses Baru untuk Menjangkau Pasar

Kompas.com - 15/10/2015, 14:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan internet berbasis mobile, khususnya aplikasi mobile telah semakin jauh terlibat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Fungsinya pun berkembang masif.

Dari mulai sekadar untuk bersosialisasi dan memperoleh informasi, hingga kini berperan sebagai wadah pemasaran produk dan belanja.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan, sinergi antar-fungsi yang diakomodir platform mobile tersebut adalah bentuk kreativitas dalam menumbuhkan ekonomi.

"Mobile (internet) adalah akses baru untuk menjangkau pasar seluas-luasnya. Mobile media yang kredibel bisa otomatis berlaku sebagai PR (public relation) untuk mobile marketing suatu produk," kata dia dalam pidato pembuka di Mobile Marketing Association (MMA) Forum, Kamis (15/10/2015) di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Saat ini, ia mencontohkan, berbagai industri kreatif lintas sektor (fesyen, kuliner, perjalanan, dan lainnya) gencar beriklan atau sekadar membagi informasi terbaru lewat media sosial populer. Sebab, media sosial mampu meningkatkan skala pasar tanpa pengeluaran energi yang besar.

Tak hanya itu, beragam inovasi aplikasi digital pun semakin memperlihatkan agresivitas jual-beli di dunia maya. Kehadiran marketplace, online payment, hingga aplikasi transportasi serta pengiriman barang, merupakan beberapa contoh inovasi digital yang dianggap signifikan menggerakkan produktivitas ekonomi.

Pemerintah, kata Triawan, punya andil yang besar untuk turut mengembangkan ekosistem ekonomi berbasis mobile. Lembaga yang ia pimpin merupakan jembatan untuk menghubungkan para pelaku ekonomi kreatif dengan pemerintah.

Antara lain dalam penetapan regulasi dan implementasi program-program kerja yang bakal direalisasikan pada 2016 mendatang.

Program-program yang dimaksud berkaitan dengan insentif bagi pelaku startup, perlindungan hak cipta, serta kerja sama lintas lembaga pemerintahan untuk membangun iklim yang kondusif bagi pelaku ekonomi kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com