Kepala Bekraf: Mobile Internet, Akses Baru untuk Menjangkau Pasar

Kompas.com - 15/10/2015, 14:01 WIB
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Fatimah Kartini/Kompas.comKepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan internet berbasis mobile, khususnya aplikasi mobile telah semakin jauh terlibat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Fungsinya pun berkembang masif.

Dari mulai sekadar untuk bersosialisasi dan memperoleh informasi, hingga kini berperan sebagai wadah pemasaran produk dan belanja.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan, sinergi antar-fungsi yang diakomodir platform mobile tersebut adalah bentuk kreativitas dalam menumbuhkan ekonomi.

"Mobile (internet) adalah akses baru untuk menjangkau pasar seluas-luasnya. Mobile media yang kredibel bisa otomatis berlaku sebagai PR (public relation) untuk mobile marketing suatu produk," kata dia dalam pidato pembuka di Mobile Marketing Association (MMA) Forum, Kamis (15/10/2015) di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Saat ini, ia mencontohkan, berbagai industri kreatif lintas sektor (fesyen, kuliner, perjalanan, dan lainnya) gencar beriklan atau sekadar membagi informasi terbaru lewat media sosial populer. Sebab, media sosial mampu meningkatkan skala pasar tanpa pengeluaran energi yang besar.

Tak hanya itu, beragam inovasi aplikasi digital pun semakin memperlihatkan agresivitas jual-beli di dunia maya. Kehadiran marketplace, online payment, hingga aplikasi transportasi serta pengiriman barang, merupakan beberapa contoh inovasi digital yang dianggap signifikan menggerakkan produktivitas ekonomi.

Pemerintah, kata Triawan, punya andil yang besar untuk turut mengembangkan ekosistem ekonomi berbasis mobile. Lembaga yang ia pimpin merupakan jembatan untuk menghubungkan para pelaku ekonomi kreatif dengan pemerintah.

Antara lain dalam penetapan regulasi dan implementasi program-program kerja yang bakal direalisasikan pada 2016 mendatang.

Program-program yang dimaksud berkaitan dengan insentif bagi pelaku startup, perlindungan hak cipta, serta kerja sama lintas lembaga pemerintahan untuk membangun iklim yang kondusif bagi pelaku ekonomi kreatif.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X