Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartwatch Pebble Segera Bisa Diperintah dengan Suara

Kompas.com - 16/10/2015, 15:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pebble baru saja mengumumkan perilisan sebuah aplication programming interface (API) yang memberikan kemampuan voice recognition.

Dengan demikian, dalam waktu dekat ini arloji pintar tersebut akan bisa mendengarkan suara penggunanya untuk melakukan hal-hal seperti membalas pesan singkat, bernavigasi di peta, hingga mengendalikan playback musik.

Google dan Apple juga memiliki teknologi pengenalan suara seperti ini. Namun mereka menggunakannya untuk produk arloji pintar milik sendiri.

Sedangkan Pebble memilih untuk tidak mengembangkan teknologi pengenalan suara itu secara in-house. Mereka memasok teknologi tersebut dari Nuance Communications, yang juga sempat di gunakan di beberapa gadget Blackberry.

"Kemungkinan yang bisa digapai tidak berbatas, mulai dari membuat pengendalian rumah pintar tanpa harus menggunakan tangan hingga memakainya untuk mengendalikan mobil," ujar Community Manager Pebble Joseph Kristoffer, seperti dilansir KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (16/10/2015).

"Kami sangat gembira dan menantikan apa saja yang bisa dibuat oleh developer dari alat baru ini," imbuhnya.

Bagi sebuah arloji pintar, fitur pengenalan suara adalah salah satu yang sangat bermanfaat. Mengigat ukuran layar yang kecil dan terbatas, arloji membutuhkan fitur itu agar bisa mengembangkan berbagai metode navigasi atau penggunaan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com